Pengenalan ITB Kampus Cirebon Melalui Open House dan Pameran Kriya Eco Week

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id –Institut Teknologi Bandung mengadakan Eco Week 2021 sekaligus Open House ITB Kampus Cirebon untuk membuka program studi yang akan diselenggarakan di kampus tersebut, Sabtu (18/12/2021). Acara ini dihadiri oleh kaprodi-kaprodi dari berbagai program studi dan siswa-siswi SMA yang tertarik menimba ilmu di program studi pilihan mereka.

Open House ITB Kampus Cirebon adalah salah satu pre-event untuk Open House ITB 2022. Acara tersebut merupakan talkshow perkenalan program studi di kampus Cirebon yang melingkupi Perencanaan Wilayah Kota, Teknik Industri, Oseanografi, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geofisika.

Sesi acara dimulai dengan kata sambutan dari ketua koordinator acara Eco Week dan Open House ITB Kampus Cirebon, Tri Hasdianto, S.Ds., M.Ds. “Hari ini merupakan sejarah bagi ITB, khususnya ITB Kampus Cirebon, hari ini dilaksanakan acara perdana di kampus ini.”

Dia berharap kedua acara tersebut dapat membuka kerja sama dan kolaborasi dengan stakeholders di Cirebon dan sekitarnya.

Di sisi lain, Eco Week merupakan acara tahunan yang dirancang oleh mahasiswa program studi kriya untuk menyambut semester akademik baru. Karena adanya pandemi, acara di tahun ini diadakan secara luring dan daring. Acara ini juga dikemas sebagai pameran kriya hasil kolaborasi para mahasiswa dan beberapa pengrajin dari komunitas seni. “Hal yang membuat pameran Eco Week tahun ini semakin spesial adalah penyelenggaraannya di kampus Cirebon yang baru,” Tri menambahkan.

“Kami harap kehadiran kami dapat membangun sinergi dengan berbagai sektor industri dan kerajinan di wilayah Cirebon dan sekitarnya,” ujarnya Tri.

Sementara itu Ketua Program ITB Kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwan, M.T., mengatakan bahwa beberapa aktivitas sudah dimulai di kampus Cirebon, seperti pameran Eco Week dan Ultramarathon. Dengan harapan ITB dapat berkiprah melalui kampus Cirebon, dia memandang kampus tersebut sebagai kebanggaan para dosen yang akan mengajar di sana untuk mengembangkan ilmu.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Dr. Andryanti Rikrik Kusmara, S.Sn., M.Sn., juga ikut serta dalam memberikan sambutan. Dia berterima kasih kepada semua pihak yang merencanakan acara dan membuka kanal publikasi karya yaitu pameran kepada publik. “Kami dari FSRD ITB sangat bangga dengan pameran ini. Mahasiswa dan dosen dapat meneruskan dan mengembangkan DNA kecerdasan estetik melalui karya-karya mereka,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan oleh sambutan sekaligus pembukaan resmi acara oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M. Eng. “ITB berusia 100 tahun lebih dan milik bangsa nasional yang kiprahnya sudah mendunia. Tetapi, ITB yang mendunia masih mengingat akan akar dan lingkungannya. Maka, semua kampus ITB berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi lingkungan akademik yang dibawa menjadi tataran global sesuai visi dan misi ITB,” jelas Prof. Jaka.

Open House ITB Kampus Cirebon dan Eco Week 2021 kemudian resmi dibuka oleh Prof. Jaka dengan pelukisan ekspresif di kanvas. Lalu, sesi acara dilanjutkan dengan presentasi seputar ITB Kampus Cirebon yang diadakan bersamaan dengan pameran kriya Eco Week luring.

Reporter: Ruth Nathania (Teknik Lingkungan, 2019)


scan for download