Perkuliahan di ITB Kampus Cirebon Akan Dimulai 17 Januari 2022

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id--Insitut Teknologi Bandung (ITB) tengah mempersiapkan pembukaan ITB Kampus Cirebon. Rencananya, proses perkuliahan akan segera dilaksanakan di Kampus Cirebon pada Semester II-2021/2022 yang dimulai pada tanggal 17 Januari 2022. Saat ini, proses perkuliahan mahasiswa ITB Kampus Cirebon dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi rencana kepindahan dan persiapan pelaksanaan kegiatan akademik Semester II-2021/2022 Kampus Cirebon, Kamis (2/12/2021). Sejauh ini terdapat 7 (tujuh) prodi ITB Kampus Cirebon, namun untuk tahap awal proses perpindahan dan pelaksanaan kegiatan akademik Semester II-2021/2022 baru akan dilaksanakan untuk mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, dan Kriya.

Dijelaskan Ketua Tim Pengelola Penyelenggaraan Program ITB kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwan, proses pemindahan perkuliahan di ITB Kampus Cirebon diselenggarakan bertahap, dimulai dari persiapan layanan dan rencana akademik, pemindahan pegawai, ujicoba perkuliahan hyibrid multi kampus, hingga hari pertama perkuliahan.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Jaka Sembiring, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan menekankan bahwa ITB pada saat ini telah memiliki Kampus Ganesha, Kampus Jatinangor, dan Kampus Cirebon yang merupakan kampus yang setara dalam pelayanan akademik dan kemahasiswaan. Seluruh Sivitas ITB, baik Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa harus memiliki pemahaman yang sama, yaitu kesetaraan layanan di seluruh kampus. ITB dalam mengembangkan metoda pembelajaran 4.0 akan menggunakan kampus Cirebon sebagai pusat inisiasi, sebagai program percepatan pengembangan kampus termuda. Sistem pembelajaran hybrid dan multi kampus di Kampus Cirebon akan mendapatkan perhatian khusus dan diharapkan menjadi model bagi Kampus Ganesha dan Jatinangor.

Dr. Iwan menekankan bahwa mahasiswa yang akan pindah ke Kampus Cirebon tetap akan dilayani dengan baik. Kurikulum dan capaian pembelajaran sesuai dengan prodi yang sama di Kampus Ganesha. Sebagai bagian dari rancangan multikampus, ke depannya ITB akan mengembangkan ciri khas dan keunggulan dari setiap kampus.
Saat ini ITB memiliki 2 kompleks kampus di Cirebon, yaitu di Watu Belah dan Arjawinangun. Dalam pelaksanaan kegiatan akademik nanti akan menggunakan kedua kompleks kampus tersebut.

Selain disiapkan fasilitas akademik, Direktorat Kemahasiswaan juga akan menyiapkan layanan kemahasiswaan seperti layanan kepada himpunan mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, bimbingan konseling, kantin dan ruang kerja bersama, dan lain-lain.


scan for download