Kampus Kembali Dibuka, Mahasiswa Tanggapi Gembira

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id – ITB menyelenggarakan acara dengan judul “Kembali ke Kampus ITB” pada Senin (27/9/2021) di Boulevard ITB dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube ITB. Acara ini mengundang segenap civitas akademika ITB termasuk jajaran Rektorat ITB dan beberapa tamu undangan perwakilan mahasiswa yang berdomisili di Kota Bandung.

Para mahasiswa yang hadir tersebut menyampaikan beberapa kesan tentang kembali lagi ke kampus. Mereka di antaranya Ilham Subandoro (Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional 2021, Mahasiswa Program Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen 2019), Ziyad Akbar dan Cynthia Ridha Larassati (Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara 2020), Kris Alvin (Mahasiswa Program Pascasarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen 2020), dan beberapa perwakilan mahasiswa dari Fakultas dan Sekolah lainnya.

Merespons berbagai keluhan yang dirasakan mahasiswa dan tenaga pendidik selama pembelajaran daring, ITB mencoba membuka suara tentang kabar baik pembukaan kembali kampus ITB di tahap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di kala pandemi. Pada acara ini, ITB menghadirkan perwakilan mahasiswa supaya bisa mendapatkan ulasan yang valid mengenai berbagai keluhan yang dirasakan khususnya bagi mahasiswa Angkatan 2020 yang sama sekali belum merasakan suasana kampus.

“Belajar daring sangat butuh penyesuaian. Suka enggak suka harus dihadapi bersama.” ujar Kris Alvin, Mahasiswa Pascasarjana 2020.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa segala aktivitas akademik yang semula menguras tenaga ketika luring, ketika daring juga dihadapkan masalah lain yakni ketidakstabilan jaringan internet. Belum lagi faktor-faktor lain seperti server yang eror atau kendala teknis lainnya yang bisa menyerang kapan saja.

Era pembelajaran daring ini memang suatu tantangan baru bagi seluruh insan akademis di seluruh Indonesia. Berbagai kelebihan dan kekurangan tentunya menyertai metode yang baru seumur jagung ini akibat dari pandemi Covid-19 yang mendera seluruh aspek kependidikan.

Walaupun demikian, pandemi tidak boleh menjadi penghalang utama untuk meraih kegemilangan di kampus. Hal ini tercerminkan dari salah satu mahasiswa ITB, Ilham Subandoro, Mahasiswa Program Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen 2019, yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih sebagai Peringkat 3 Mahasiswa Berprestasi tahun 2021.

“Kiat-kiat supaya produktif, tentunya baik online ataupun offline bukan halangan buat kita berkembang. Semua bisa berprestasi di manapun asalkan bisa memanfaatkan fasilitas untuk menunjang prestasi.” kata Ilham Subandoro.

Masukan-masukan yang didapatkan dari tamu undangan ditanggapi langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dan segenap pimpinan ITB, sebagai bahan evaluasi bersama.

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin, 2020)


scan for download