Peringati 101 Tahun PTTI, ITB Undang Kementerian dan Industri Jadi Pembicara Webinar Transformasi Digital

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id — Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar webinar dalam rangka peringatan 101 tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI). Webinar sesi kedua bertema “Implementasi Transformasi Digital Indonesia” itu berlangsung pada Kamis (1/7/2021).

ITB mengundang pembicara-pembicara profesional untuk mengisi webinar, di antaranya Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si. (Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri [Kemendagri]), Dr. Denny Setiawan (Direktur Penataan Sumberdaya Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika [Kemenkominfo]), dan Dr. Ir. Sigit Puji Santosa, M.SME. (Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan [LPIK] ITB).

ITB juga mengundang Ir. Billy Barokah (mewakili Direktur Utama PT LEN Industri sebagai VP Rekayasa dan Inovasi Teknologi) dan Arief Pradatya (mewakili Direktur Utama Telkomsel) selaku pelaku industri. Sementara itu, webinar dipandu Dr. Ary Setiadi, Kepala Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) ITB.

Webinar berlangsung kondusif. Setiap pembicara membahas hal yang berbeda, tetapi masih dalam koridor implementasi transformasi digital. Dr. Hudori, Sekjen Kemendagri, misalnya, memaparkan sudut pandang pemerintah terhadap era industri keempat. Pada era tersebut, Indonesia banyak membicarakan soal jaringan. Teknologi jaringan, katanya, harus mampu merespons perubahan. Oleh karena itu, urgensi transformasi digital perlu dibicarakan.

“Setidaknya urgensi transformasi digital ada enam hal yang harus ada, yakni inovasi, akselerasi, efisiensi, akuntabilitas, inklusivitas, dan kolaborasi,” terang Dr. Hudori.
Sejalan dengan hal di atas, Dr. Denny dari Kemenkominfo memaparkan soal fokus kementeriannya dalam meningkatkan mutu jaringan internet. Dr. Denny dkk. tengah berupaya memasang jaringan 5G di Indonesia dengan semangat kolaboratif.

Telkomsel, misalnya, menjadi pihak yang bekerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan pengadaan jaringan 5G. Arief Pradatya, mewakili Dirut Telkomsel, juga mengaku pihaknya terus berfokus pada strategi pembaruan konektivitas, platform, dan pelayanan digital.

Sementara itu, ITB sendiri sudah mengambil peran dalam implementasi transformasi digital di Indonesia. Hal itu diungkap Kepala LPIK ITB Dr. Sigit Puji Santosa. Dia mengatakan, ITB terus berupaya untuk berkontribusi dalam membangun ekosistem inovasi digital melalui program-program. Contohnya program pembangunan ITB Innovation Park, yang salah satunya telah terealisasikan tidak jauh dari kampus Ganesha ITB. LPIK juga berperan penting dalam perkembangan riset dan kewirausahaan di lingkungan kampus.

Dari industri, Ir. Billy Barokah (PT LEN Industri) menyampaikan, pihak BUMN saat ini terus berpartisipasi aktif dalam pemenuhan kebutuhan intelijen dan pertahanan Indonesia berbasis elektronika. Industri ini juga siap menjaga kedaulatan rakyat dengan terobosan-terobosan mutakhir berbasis IoT sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman.

Dengan berakhirnya pemaparan pembicara, berakhir pula webinar sesi kedua bertema “Implementasi Transformasi Digital Indonesia”. Webinar ini berlangsung untuk memperluas wawasan mengenai perkembangan digital di Indonesia. Apalagi Indonesia tengah meniti kapabilitasnya dalam transformasi digital secara bertahap menuju Indonesia Emas 2045.

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin/FTMD, 2020)


scan for download