Dr. Arry Akhmad Arman Ungkap Seluk Beluk Transformasi Digital

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id – Perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama di bidang teknologi informasi tengah membawa kita melalui suatu transformasi digital. Transformasi digital ini akan memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Hal inilah yang menjadi topik pembahasan Dr. Ir. Arry Akhmad Arman dalam webinar yang berjudul “Cara Mudah Transformasi Digital” pada Kamis (6/24/2021).

“Transformasi digital adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengoptimalkan suatu entitas dengan melibatkan perubahan signifikan melalui kombinasi dari informasi, komputasi, komunikasi, dan teknologi konektivitas,” jelas staf pengajar STEI ITB itu. Ia berpendapat bahwa suatu perubahan baru bisa disebut transformasi jika bersifat menyeluruh dan masif.

Menurutnya, transformasi digital yang terjadi kali ini berjalan jauh lebih cepat dari transformasi-transformasi lain yang pernah terjadi. Hal ini dikarenakan laju perkembangan teknologi yang berlipat ganda jika dibandingkan dengan era transformasi terdahulu. Kehadiran internet dan teknologi konektivitas lain memudahkan perolehan informasi dan transfer pengetahuan, dua hal yang merupakan faktor utama dari perkembangan teknologi.

Frontier Technology

Frontier technology, atau teknologi digital terdepan, merupakan koleksi teknologi informasi modern yang tengah melalui tahapan implementasi massal. Menurut grafik yang ditampilkan oleh Dr. Arry, pasar dari frontier technology akan meningkat dari $350 miliar dolar pada 2018 ke $3.2 triliun dolar pada 2025. “Ini adalah suatu pertanyaan besar bagi Indonesia; apa yang akan kita lakukan dengan potensi sebesar ini?” ujar Dr. Arry yang saat ini menjabat sebagai Direktur Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) ITB.

Ia mengatakan, perkembangan frontier technology ini akan berimbas pada perubahan pola perilaku masyarakat. Beliau membandingkannya dengan kehadiran ponsel cerdas. “Teknologi akan berperan mengubah perilaku dan karakter masyarakat. Masyarakat yang tadinya kemana-mana tidak membawa handphone, sekarang kebingungan jika tidak ada handphone."

Platform Model

Transformasi digital yang sedang terjadi tidak hanya berdampak pada teknologi fisik. Belakangan ini banyak sekali bermunculan startup berjenis platform model. Menurut Dr. Arry, platform model dapat meningkatkan efisiensi aktivitas perekonomian dengan mempersingkat value chain yang ada, dengan platform dapat langsung menghubungkan produsen dengan konsumen.

Dr. Arry berpendapat bahwa platform model masih bisa dikembangkan sehingga memiliki cakupan yang jauh lebih luas. Beliau menguraikan pendapatnya tentang potensi dari multi-bank platform, suatu platform yang menjadi perantara utama pengguna untuk mendapatkan layanan dari berbagai bank. Contoh lain yang ia kemukakan adalah multi-campus platform, sistem pendidikan tinggi baru yang memungkinkan kita untuk mendapatkan pendidikan di berbagai perguruan tinggi secara fleksibel.

Reporter: Favian Aldilla (Teknik Sipil, 2019)


scan for download