Webinar Palm O'Corner: Sawit sebagai Tambang Energi Berkelanjutan

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id--Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (HIMATEK-ITB) menggelar webinar dengan judul “Sawit sebagai Tambang Energi Berkelanjutan”, Sabtu (29/5/2021).

Narasumber yang hadir untuk mengisi webinar ini di antaranya adalah Direktur Eksekutif PASPI, Dr. Tungkot Sipayung, Dosen Teknik Kimia ITB, Dr. Ir. Tatang Hernas, Duta Besar Luar Biasa Indonesia Untuk Belgia dan Uni Eropa, Dr. Andi Hadi, S.H. LLM., dan Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE, Andriah Feby Misna, S.T., M.T. Keempat narasumber memaparkan energi terbarukan yang bersumber dari sawit.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Direktur Eksekutif PASPI, Dr. Tungkot Sipayung. Ia membawakan materi terkait manfaat sosial, ekonomi, dan ekologis dari biofuel-energi sawit.
Pemaparan materi selanjutnya dibawakan oleh Dosen Teknik Kimia ITB, Dr. Ir. Tatang Hernas. Materi yang ia bawakan berjudul “Bisakah Indonesia menjadi Pemimpin BBN Dunia dengan Berpangkal Pada Sawit?”.

Pemaparan materi ketiga disampaikan oleh Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE, Andriah Feby Misna, S.T., M.T. Andriah memaparkan materi mengenai pengembangan bahan bakar nabati di Indonesia.

Pemaparan materi terakhir membahas tentang hal yang cukup berbeda dengan tiga materi sebelumnya. Duta Besar Luar Biasa Indonesia Untuk Belgia dan Uni Eropa, Dr. Andi Hadi, S.H. LLM memaparkan materi mengenai kebijakan dan isu perdagangan sawit dan biodiesel di Uni Eropa. Dr. Andi membahas tentang “The Brussels Effect” dan alasan mengapa Uni Eropa memiliki kemampuan untuk meregulasi pasar global secara unilateral.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (TPB FTI 2020)


scan for download