ITB Menyediakan Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru Program Doktor, Magister, dan Program Profesi

By Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung melakukan prosesi Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Program Doktor, Magister, dan Profesi Semester II Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual pada Kamis (14/01/21) pukul 08.00 hingga 09.00 WIB via Zoom dan YouTube. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut 1.386 mahasiswa baru ITB, termasuk 7 mahasiswa asing, pada jenjang S2, S3, dan Program Profesi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru baik program pascasarjana maupun program profesi yang secara resmi telah diterima di ITB. “Saat ini Anda secara resmi bergabung di kampus ITB, kampus teknik tertua di Indonesia, tetapi selalu muda dalam inovasi dan semangat untuk selalu berada di garda depan pengembangan ilmu seiring dengan visi menjadi Perguruan Tinggi yang Globally Respected, Locally Relevant,” tuturnya.

Prof. Jaka menambahkan, sebagai salah satu kampus garda depan penelitian di bidang sains, teknologi, sosial, dan seni, ITB membuat beberapa kebijakan terkait beasiswa seperti Ganesha Talent Assistanship (GTA), LPDP, maupun kerja sama dengan Perguruan Tinggi lainnya.

“Skema beasiswa yang disediakan oleh ITB bertujuan untuk memberi kesempatan dan keringanan untuk mahasiswa melanjutkan ke program Magister/Doktor di ITB. Selain itu, beasiswa juga merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan reputasi akademik dan daya saing di tingkat global dengan cara produktif dalam menghasilkan publikasi internasional yang berkualitas. Diharapkan nantinya lulusan ITB dapat turut serta berkontribusi bagi kemajuan dan daya saing bangsa,” tutupnya.

Sebagai kampus yang menjadi tempat menimba ilmu yang selalu bertransformasi dan beradaptasi sesuai perubahan zaman, Prof. Jaka menyampaikan bahwa ITB dengan tegas siap untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut dan benang merah Cogno-Bio-Info-Nano-Socio akan dapat ditemukan pada seluruh program studi yang tersedia di ITB.


Ada tiga mahasiswa termuda pada PMB semester genap kali ini, yaitu Qinthara Silmi Faizal untuk jenjang S2 (19 tahun), Muhammad Alief Irham untuk jenjang S3 (23 tahun); untuk program profesi yaitu Irma Yulianti (21 tahun). Pada PMB ini pun terdapat mahasiswa jenjang S2 berusia 55 tahun, untuk S3 berusia 67 tahun, dan program profesi 68 tahun. “Kami yakin bahwa usia bukan menjadi penghalang untuk menuntut ilmu. Untuk mahasiswa asing ada 7 mahasiswa pada penerimaan semester genap ini,” ucapnya.

Reporter: Billy Akbar Prabowo (Teknik Metalurgi, 2016)


scan for download