Tim ITB Meraih Penghargaan Tertinggi Tingkat Dunia di Huawei ICT Competition 2020

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id-- Tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dalam Huawei ICT Competition 2020 Global. Pada ajang ini, tim ITB meraih juara pertama dalam kategori Network & Cloud dalam kompetisi yang mengusung tema “Connection, Glory, Future” tersebut.

Sebelumnya, tim dari ITB yang sekaligus mewakili Indonesia menjadi juara untuk regional Asia Pasific di bidang track network dan cloud (18-21 Oktober 2020 lalu). Huawei ICT Competition 2020 Global adalah kompetisi tingkat dunia yang dilaksanakan pada 6-14 November 2020. Kompetisi ini dilakukan secara daring dengan mengakses server e-Lab yang dimiliki Huawei di Tiongkok. Kompetisi ini diikuti 40 negara dari berbagai regional.

Tim dari ITB sendiri diwakili oleh dosen dan mahasiswa dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) yang berjumlah delapan orang, mereka di antaranya adalah Rifqy Hakimi, S.T., M.T. (Dosen Teknik Telekomunikasi/instruktur Tim Network), Abdul Latif, S.T., M.T., (Asisten Akademik Teknik Telekomunikasi/instruktur Tim Cloud), mahasiswa Teknik Telekomunikasi yaitu Afif Tri Farhan (Tim Network), Putu Priyana Pradipta (Tim Network), Bagas Purwa Sentika (Tim Cloud), M. Nawaffaras Mahendika (Tim Cloud), dan Gela Pambudi Adiluhung (Tim Cloud), serta mahasiswa Teknik Informatika, yaitu Joshua Christo Randiny (Tim Network).

Kompetisi ini merupakan lomba di bidang ICT berupa pemecahan masalah, konfigurasi, dan implementasi solusinya di perangkat jaringan Huawei seperti router, switch, firewall, dan access point. Penilaiannya adalah solusi dan impelementasi yang paling akurat yang mendapat nilai tinggi. Perangkat yang digunakan adalah perangkat lab yang diakses secara remote ke server Huawei di Tiongkok.

Adapun lombanya sendiri terdiri atas written test selama 90 menit, hands-on lab test selama 4 jam. Pada ajang ini masing-masing peserta ikut lomba dari rumah masing-masing, tetapi tetap diawasi oleh Huawei.

Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., mengucapkan selamat kepada para mahasiswa dan dosen yang tergabung dalam tim STEI ITB, yang telah berhasil meraih prestasi tertinggi dalam ajang Huawei ICT Competition 2019-2020 Global Final.

“Terima kasih kepada Huawei yang sudah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk belajar lebih dekat mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diterapkan di dunia industri saat ini, melalui beberapa program unggulan, salah satunya adalah Huawei ICT Academy dan Huawei ICT Competition ini,” ujar Prof. Reini.

Ia berharap, kerja sama dan kolaborasi ITB dengan Huawei, yang telah lama terjalin, mampu terus dilanjutkan dan ditingkatkan guna membangun dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia masa depan yang kompeten di bidang industri TIK.

Prof. Reini berpesan, untuk mahasiswa tim STEI dan seluruh mahasiswa ITB, tetap semangat dan bekerja keras dalam belajar dan selalu menjunjung tinggi sportivitas. Jangan pernah berhenti belajar. “Kemenangan ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan adalah modal awal untuk menempuh hari esok yang penuh tantangan. Karena masa depan negeri ini ada di tangan kalian,” ujarnya.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia. Ia mengatakan, sebagai pengembang teknologi yang telah 20 tahun hadir di Indonesia, Huawei Indonesia turut berbangga atas prestasi yang ditorehkan oleh ITB di ajang kompetisi TIK tersebut.

“Selamat untuk ITB dan selamat untuk Indonesia!” ujar Jacky. “Prestasi yang berhasil ditorehkan oleh ITB menambah semangat kami untuk terus memperkuat sinergi dengan pemerintah, dunia pendidikan serta komunitas di Indonesia dalam mengembangkan kompetensi SDM di bidang TIK, sekaligus terus melanjutkan komitmen panjang kami sejak 20 tahun kehadiran Huawei di Indonesia untuk mengontribusikan teknologi-teknologi terdepan untuk kemajuan negeri ini, ” tambahnya.


scan for download