Dua Profesor ITB Mendapat Penghargaan dari The Hitachi Global Foundation 2020

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id--Dua profesor dari Institut Teknologi Bandung akan menerima penghargaan dari The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award 2020 atas hasil penelitiannya. Pengumuman tersebut disampaikan President The Hitachi Global Foundation Ishizuka Tatsuro, 30 Oktober 2020.

Kedua profesor tersebut ialah Prof. Dr. Tati Latifah Mengko dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) yang mendapatkan penghargaan "Outstanding Innovation Award" dan Prof. Dr. Gede Suantika dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) yang mendapatkan "Encouragement Award".

"Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award sendiri adalah program baru kami yang mengakui pencapaian luar biasa dalam penelitian dan pengembangan di bidang sains dan teknologi serta mendorong implementasi sosial dengan tujuan berkontribusi pada SDGs," ujar President The Hitachi Global Foundation Ishizuka Tatsuro dalam keterangan yang diterima Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB.

Dalam Hitachi Award 2020 tersebut, Prof. Tati Mengko mendapat penghargaan atas pengembangan Alat Pendeteksi Dini Penyakit Kardiovaskular NIVA (Non-Invasive Vascular Analyzer). Dan Prof. Gede Suantika atas pengembangan Hybrid Zero Waste (ZWD)-Recirculating Aquaculture System (RAS), sistem akuakultur tertutup untuk pembudidayaan udang yang super intensif dan implementasi keindustriannya di tambak udang berkelanjutan di indonesia.

Alat NIVA (Foto: Humas ITB)


scan for download