ITB Terima 1.470 Peserta Jalur SNMPTN 2020

Oleh Adi Permana

Editor -


Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 telah diumumkan pada Rabu (8/4/2020) pukul 13.00 WIB. Pengumuman tersebut dapat dilihat melalui halaman utama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan di 12 link mirror. Pada SNMPTN tahun ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.470 peserta yang lolos seleksi dari 14.000 peserta yang mendaftar.

Berdasarkan data dari Direktorat Pendidikan ITB, 1.470 peserta SNMPTN yang diterima di ITB tersebut mewakili 34 provinsi di Indonesia di mana komposisinya 48,9% adalah laki-laki dan 51,1% adalah perempuan. Jumlah tersebut merupakan prosentase dari kuota penerimaan mahasiswa baru ITB jalur SNMPTN yaitu 35 %.

Perlu diketahui, ITB juga menerima mahasiswa dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) sebagai bagian dari program beasiswa afirmasi dari pemerintah. Setiap peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, diharapkan melakukan pendaftaran ulang secara online dengan mengikuti prosedur di laman usm.itb.ac.id.

Sebagaimana diketahui, ITB menerima tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana. Ketiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

Bandung, 8 April 2020
Sekretaris Institut ITB

Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo

scan for download