ITB dan Pemkot Jayapura Sepakat Jalin Kerjasama Smart City

Oleh Adi Permana

Editor -



BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) sepakat menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dalam bidang Pengembangan dan Implementasi Smart City di Kota Jayapura, Papua.  Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono dan Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Satu, di Ruang Rapim B, Gedung Rektorat ITB Jalan Tamansari no 64, Bandung, Selasa (18/9/2018) lalu.

Rustan Saru menyampaikan ucapan terima kasih kepada ITB atas kesediaan menjalin kerjasama. Dia mengatakan, bahwa Kota Jayapura memerlukan pengembangan dalam hal teknologi. Implementasi smart city yang akan dilakukan merupakan hal baru bagi Pemkot Jayapura. Dia menambahkan, Kota Jayapura merupakan kota kecil dengan luas 935,9 KM. Ibu Kota Provinsi Papua itu dikatakan Rustan, memiliki lima distrik atau kecamatan dengan 25 kelurahan dan 15 kampung atau suku atau adat.

Menurut Rustan, perlu ada kajian mengenai smart city apa yang perlu dibangun di Kota Jayapura berkaitan dengan kondisi budaya dan infrastruktur di sana. Karena ada beberapa faktor yang bisa menghambat pembangunan tersebut. Seperti kurangnya SDM, infrastruktur yang masih minim, banyak blank spot sinyal area, dan budaya masyarakat lokal terhadap hal baru. "Dengan dibangunnya kerjasama ini semoga menjadi langkah awal yang baik dalam menunjang smart city di Kota Jayapura," kata Rustan.

Sementara itu Wakil Rektor ITB Prof. Bambang Riyanto Trilaksono menyambut baik kerjasama yang dilakukan. Dia menyampaikan, merupakan sebuah kehormatan atas kepercayaan yang telah diberikan kepada ITB untuk melaksanakan kerjasama dalam bidang smart city. "Sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, kita menyambut baik kerjasama ini," katanya.

Prof. Bambang menambahkan, implementasi dari Smart City tentu tidak saja dalam hal teknologi semata. Namun juga harus mencakup pada aspek lingkungan dan sosial. ITB bersama tim, akan menyusun strategi dalam pengimplementasian konsep smart city di Kota Jayapura.

"Kami menyambut baik kerjasama yang telah ditandatangani melalui MoU, kami menyampaikan pesan kepada tim smart city untuk kiranya melaksanakan kerjasama ini dengan baik," pungkasnya.


scan for download