Asia University Ranking Tahun 2017 versi Times Higher Education : ITB raih peringkat terbaik se-Indonesia

Oleh Fivien Nur Savitri, ST, MT

Editor -

ITB raih peringkat terbaik diantara perguruan tinggi di Indonesia dalam daftar Asia University Ranking Tahun 2017 versi Times Higher Education (THE). Hasil pemeringkatan ini diumumkan pada Tanggal 15 Maret, 2017 di Ulsan (Korea) dan pada saat bersamaan melalui situs THE (https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/asia-university-rankings-2017-results-announced).

Dua perguruan tinggi di Indonesia yang muncul dalam daftar ini yaitu Institut Teknologi Bandung (Peringkat 201-250) dan Universitas Indonesia (Peringkat 251-300). Sebagai pendatang baru dalam pemeringkatan THE, hasil yang dicapai ITB ini cukup baik, di tengah perkembangan dan persaingan perguruan tinggi di Asia yang semakin ketat. Pemeringkatan perguruan tinggi di Asia versi THE ini didasarkan pada aspek pengajaran, penelitian, wawasan internasional, sitasi publikasi, dan kerjasama industri. Pada beberapa bulan sebelumnya, ITB dan UI berhasil muncul dalam pemeringkatan perguruan tinggi tingkat dunia versi THE Tahun 2016-2017 pada kisaran peringkat 801-980.

Rektor ITB menyampaikan bahwa pemeringkatan perguruan tinggi dunia dan Asia seperti THE dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi di Indonesia untuk perbaikan berkelanjutan dalam menuju standar kualitas dunia, meningkatkan kerjasama internasional, dan membawa nama Indonesia untuk mendapat pengakuan di kancah internasional.

Sumber : https://www.timeshighereducation.com


scan for download