Arte Polis 6 : Kembangkan Industri Pariwisata Kreatif

Oleh Aldy Kurnia Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Program Studi Teknik Arsitektur kembali menyelenggarakan acara dua tahunan bertajuk Arte Polis 6 yang mengusung tema Imagining Experiences : Creative Tourism and The Making of Place. Arte Polis 6 yang terselenggara berkat kerjasama antara Teknik Arsitektur ITB dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia diselenggarakan mulai Kamis hingga Sabtu (04-06/08/16).  Rangkaian acara Arte Polis 6 meliputi konferensi internasional dan diskusi meja bundar yang diadakan di Aula Timur ITB serta Gedung PGN Braga.

Pembukaan rangkaian acara Arte Polis 6 dimulai dengan sambutan oleh Ketua Penyelenggara Arte Polis 6 Dr.Eng Arif Sarwo WIbowo. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa pada Konferensi Internasional Arte Polis 6 kali ini akan dipresentasikan 74 artikel dari dalam dan luar negeri yang akan terbagi dalam sesi-sesi paralel. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB Prof. Dr.Ing Ir. Widjaja Martokusumo dan pembukaan secara resmi rangkaian acara Arte Polis 6  oleh Dr. Miming Miharja, S.T.,M.Sc.Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi ITB. Dalam pidato pembukaannya, Dr. Miming mengucapkan selamat datang di Kota Bandung dan Institut Teknologi Bandung kepada para peserta yang datang berbagai daerah baik dalam dan luar negeri. Beliau juga berharap rangkaian acara Arte Polis 6 dapat digunakan sebagai ajang bertukar ide dari berbagai negara mengenai pariwisata kreatif. 


Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pidato kunci oleh Prof. Feng Han, Ph.D dari Tongji University Shanghai Tiongkok, Prof. Greg Richards dari Breda University of Applied Sciences Belanda, dan Dr. Lenia Marques dari Bournemouth University Inggris dan dimoderatori oleh Dr. Indra Budiman Syamwil dari SAPPK ITB. Ketiga pembicara tersebut menyoroti berbagai hal dalam industri pariwisata mulai dari cara memperkenalkan dan membuat branding terhadap destinasi wisata, bagaimana mengembangkan pariwisata kreatif, hingga cara-cara konservasi ikon-ikon pariwisata dari kerusakan akibat kunjungan turis yang teramat banyak. Acara kemudian dilanjutkan dengan memulai sesi paralel presentasi artikel peserta di beberapa ruangan yang berbeda. Sesi paralel presentasi akan diadakan pada Kamis dan Jumat (04-05/08/16) di Institut Teknologi Bandung dan diskusi meja bundar sedianya akan diselenggarakan pada Sabtu (06/08/16) di Gedung PGN Braga.


scan for download