ISMC 2016: Kompetisi Teknik Pertambangan Bergengsi Tingkat Internasional

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Teknik Pertambangan ITB kembali menghadirkan Indonesia & Neighboring Countries Students Mining Competition (ISMC) di awal tahun 2016 ini. Rangkaian ISMC ke-10 ini diadakan selama 6 hari mulai Selasa hingga Minggu (09-14/02/16) dan diikutsertai oleh 11 universitas dari berbagai daerah di Indonesia serta 1 tim dari University of New South Wales (UNSW) Australia. Rangkaian ISMC-X ini berhasil diselenggarakan dengan sukses dan mengundang banyak perhatian, baik dari peserta maupun masyarakat.

Sebagai pre-event, ISMC-X melakukan roadshow untuk mempublikasikan acara di Cihampelas Walk pada Minggu (31/01/16). Roadshow berlangsung dengan meriah dan disaksikan oleh para pengunjung. Selain roadshow, diadakan pameran bertajuk House of Mine yang menampilkan miniatur area pertambangan, fotografi, serta video yang berkaitan dengan pertambangan. Pre-event ini diadakan di Perpustakaan Pusat ITB Lt. 1 pada Rabu-Kamis (03-04/02/16), dan bertujuan untuk memperkenalkan dunia pertambangan pada mahasiswa/i ITB berbagai jurusan.

Rangkaian acara utama ISMC-X terdiri atas field trip, safety class, tur laboratorium, kompetisi, dan expo. Field trip dilakukan ke Indocement Cirebon serta Antam Pongkor. Para peserta berkesempatan untuk melihat bagaimana proses produksi dan situs pertambangan emas yang terdapat di daerah Bogor tersebut. Safety class diadakan di Perpustakaan Pusat ITB dan bertujuan untuk menekankan pentingnya faktor keselamatan dalam dunia pertambangan. Perlombaan proses pertambangan dilakukan di area kampus ITB dan mencakup kompetisi panning, tie in, bench-blasting, ventilation duct hanging, hand steel, rock drilling, hand mucking, serta berbagai hal teknikal lainnya.

Acara penutupan dilaksanakan pada Minggu (14/02/16) dengan diadakannya expo pertambangan di Jalan Ganesha, serta pengumuman pemenang dan penampilan dari Gugun Blues Shelter. Juara 1 diraih oleh tim dari Teknik Pertambangan ITB, juara 2 diraih oleh tim dari Universitas Sriwijaya Palembang, sedangkan gelar juara 3 diraih oleh tim dari UPN Veteran Yogyakarta.

Sejarah Singkat ISMC

Ide awal acara ini diadopsi dari keikutsertaan tim HMT-ITB dalam AusIMM Students Mining Competiton yang diselenggarakan oleh University of Queensland (UQ) pada tahun 1996 di Brisbane, Australia. Pengalaman tersebut memberikan inspirasi bagi HMT-ITB untuk mengadakan acara serupa berskala nasional. ISMC pertama diadakan pada tahun 1998 yang kemudian menjadi agenda tetap HMT-ITB yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.


scan for download