Fasilitasi Mahasiswa, LK ITB - YLI Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan

Oleh Fatimah Larassati

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Potensi anak bangsa secara akademik tak kalah jika dibandingkan dengan kemampuan anak-anak muda secara global, namun untuk menjadi pemimpin, kecerdasan akademik tidak lah cukup. Berangkat dari kesadaran itulah, Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB bekerjasama dengan Young Leaders for Indonesia (YLI) mengadakan program pelatihan kepemimpinan untuk mahasiswa ITB, terutama bagi ketua, sekekretaris jendral, PSDA di masing-masing himpunan/unit mahasiswa di ITB, serta kader-kader potensial angkatan 2013. Penjelasan mengenai program ini dicakup dalam info session  yang diselenggarakan pada Jumat (25/10/15) di Aula Barat ITB. Info session ini dibuka oleh Sekretaris Lembaga Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa, Dr. Umar Khayam, ST.,MT., yang kemudian dilanjutkan oleh pembicara-pembicara dari YLI.

Program pelatihan kepemimpinan yang difasilitasi LK ITB ini bukanlah hal baru, namun sudah memasuki tahun ketiga dalam keberjalanannya dan telah sukses mencetak insan-insan akademisi ITB yang memiliki jiwa pemimpin yang cakap. Seleksi wawancara untuk mengikuti program gelombang ketiga tahun ini akan dilaksanakan pada 14 November mendatang. Seleksi ini dilakukan karena terbatasnya kuota yang tersedia. Selain itu, prasyarat mendasar untuk mengikuti program ini adalah IPK minimal 2,80. Setelah kandidat terpilih didapatkan, mereka akan menjalani program pelatihan selama kurang lebih enam bulan.


Pelaksanaan program sendiri mencakup beberapa forum pertemuan. Inisiasi dari program ini terbagi dalam beberapa tahap. Pertama, dimulai dari diri sendiri (lead self), kelompok (lead teams), hingga sampai pada fase peserta mampu memimpin Indonesia dan membuat suatu perubahan (lead change in Indonesia).  Materi yang didapat kemudian akan diimplementasikan dalam bentuk proyek-proyek selama program berlangsung yaitu antara lain Personal Leadership Project (PLP) dan Breakthrough Leadership Project (BLP).


Target dari program binaan LK ITB ini adalah mencetak mahasiswa-mahasiswa berjiwa pemimpin yang solutif, tidak egois, serta berintegritas yang harapannya kelak mampu mengoptimalkan sistem organisasi di lembaga masing-masing. Selain itu, mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti program ini diharapkan mampu membangun koneksi dan jaringan dengan mahasiswa lain se-Indonesia untuk meningkatkan silaturahmi dan kerjasama antar pelajar serta sebagai wadah mempersiapkan individu-individu potensial ITB sebelum transisi menuju dunia kerja yang tentunya berbeda dengan kehidupan di kampus.


scan for download