PS ITB, Unit Olahraga Kaya Prestasi

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Prestasi dan eksistensi unit olahraga Persatuan Sepak Bola (PS) ITB semakin berkibar tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga tingkat Asia. Piala juara ketiga University Technology Mara Malaysia (UITM) International Sport Fiesta 2015 untuk kategori futsal putra, berhasil PS ITB terbangkan dari Shah Alam, Malaysia, menuju Bandung pada (31/08/15).

Sebagai ketua PS ITB saat ini, Alvi Imamul Adli (Teknik Metalurgi 2012), menuturkan bahwa untuk menghadapi UITM International Sport Fiesta 2015, tim PS ITB melakukan persiapan sejak Juni 2015. Latihan seminggu tiga kali dilakukan untuk mengasah keterampilan dalam bermain bola, serta meningkatkan kekompakan tim. Kompetisi-kompetisi uji coba dengan tim sepak bola Bandung seperti DKRC Bandung dan lainya, tidak ketinggalan dilakukan tim PS ITB  dalam rangka mempersiapkan mental tim PS ITB.

Untuk kompetisi kali ini, PS ITB delegasikan 14 orang wakil terbaiknya yaitu, Alvi, Hafidz Wibisono (Magister Planologi 2016), Hamzah(Desain Produk 2014), Fahmi Hasan, Agung Dwi, dan Rizky Mulyawan mahasiswa Magister Olahraga 2015, M. Rizqi (Teknik Fisika 2013), Adre dan Fahmi dari Teknik Sipil 2014, Pandu (Teknik Material 2014), Gesta Maulana (Oceanografi 2014), Fajar Kurniawan (Teknik Pertambangan 2014), Sandi Fahrul (Fisika 2013), dan Ashari Aries (Teknik Geofisika 2013).

 

Prestasi Akademik dan Olahraga, Berjalan Beriringan

Delegasi PS ITB dalam kompetisi UITM International Sport Fiesta 2015, tunjukan bahwa prestasi olahraga dapat berjalan beriringan dengan prestasi akademik. Sebanyak lima orang dari 14 delegasi, merupakan mahasiswa fast track ITB. Sebagai kapten tim dan ketua PS ITB, Alvi Imamul Adli, tunjukan contoh nyata bahwa kesibukan latihan tidak menjadi alasan untuk mengesampingkan kewajiban akademik. Saat ini, Alvi sedang menjalani perkuliahan tingkat akhir Program Sarjana Teknik Metalurgi ITB, sekaligus menjalani perkuliahan Program Pasca Sarjana Rekayasa Pertambangan ITB. Selain Alvi, Fahmi, Agung, dan Rizki turut pula tunjukan prestasi akademik yang sangat baik dengan mengikuti program fast track Magister Olahraga ITB, dan Hafidz dengan program fast track Magister Planologi ITB.

 

Kerja Keras dan Kekompakan, Kunci Sukses Tim PS ITB

Berkat tangan dingin dan penerapan metode latihan yang baik dari pelatih Sabrun Hanafi, delegasi tim futsal PS ITB berhasil dipersatukan dengan satu mimpi dan satu tujuan untuk meraih prestasi gemilang. Meskipun didominasi oleh pemain-pemain baru yang masih minim pengalaman, PS ITB membuktikan bahwa semangat dan kerja keras yang membuahkan prestasi, bukan sebuah pengalaman yang mumpuni tanpa mimpi dan kerja keras.

"Tetap berusaha dalam mengejar prestasi, meskipun akan banyak halangan. Tetap tanamkan dalam diri, semangat dan kemauan untuk mencapai prestasi," tutur Alvi untuk rekan-rekan mahasiswa ITB lainya. Ditanya akan harapanya terhadap PS ITB,  Alvi tuturkan harapanya agar PS ITB dapat selalu meraih prestasi dan terus mengharumkan nama ITB pada masa yang akan datang. "Untuk selanjutnya, PS ITB akan mengikuti berbagai kompetisi antar perguruan tinggi di Indonesia, dan akan terus berusaha untuk meraih prestasi," tutur Alvi dengan percaya diri.

 

Sekilas Tentang Persatuan Sepak Bola ITB

Berdiri pada 1 Juni 1975, PS ITB menghimpun mahasiswa ITB dari berbagai program studi dan angkatan yang gemar dan tertarik akan sepak bola dan futsal. Latihan rutin dilaksanakan PS ITB untuk menyalurkan minat dan teurs melatih bakat para anggotanya akan dunia sepakbola. Dengan jumlah anggota sekitar 200 orang saat ini, PS ITB tidak hanya berisikan para mahasiswa, namun berhasil pula menghimpun mahasiswi ITB untuk turut serta mengembangkan diri bersama PS ITB. Tidak kalah tangguh dengan para rekan prianya, anggota putri PS ITB turut berhasil mengharumkan nama PS ITB dalam berbagai kompetisi futsal kategori putri seperti, juara 2 Female Futsalista 2011, dan juara 3 Futsal Putri Bikasoga 2011. Latihan bola dan latihan futsal digelar rutin oleh PS ITB bagi para anggotanya dengan interval dua kali seminggu untuk putra dan putri.  Selain latihan rutin, PS ITB turut berperan menjadi penyelenggara berbagai turnamen seperti, TPB Cup bagi para mahasiswa tingkat pertama ITB, Kejuaran Nasional Futsal, KIT Futsalismo, dan lain sebagainya.

 


scan for download