Dagominton ITB Wakili Indonesia Pada Kontes Robot Internasional ABU Robocon 2015

Oleh Syardianto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dagominton, robot besutan tim mahasiswa Insititut Teknologi Bandung (ITB) hadir sebagai pemenang kontes Robot Asia- Pasific Broadcasting Union (ABU) Robocon Indonesia (KRAI) 2015 pada Minggu (14/06/15) . Merupakan catatan prestasi yang telah dinanti-nantikan dan akhirnya mendapat piala bergilir Pemerintah RI, yaitu piala Sambhawana Pratimacala. Atas kemenangan tersebut, Unit Robotika ITB resmi menjadi wakil Indonesia pada kompetisi robot internasional ABU Robocon 2015. Tim yang beranggotakan Agung Nuza Dwi Putra (Teknik Elektro 2012), Rendy Wandarosanza (Teknik Elektro 2012), Eko Budi Satrio (Teknik Mesin 2012), Helwin Andrealin (Teknik Mesin 2012), Restu Ikhsanul Fikri (Teknik Mesin 2011), dan Fanny Achmad Hindrarta (Teknik Elektro 2012) siap membawa Dagominton ITB untuk kembali berlaga di tingkat Internasional Agustus mendatang.

ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa se-asia Pasific. Dengan mengusung tema ABU Robocon tahun ini adalah Robominton, Tim URO ITB sepakat membuat robot yang bernama Dagominton. Robot Dagominton ITB mempunyai spesifikasi handal dengan tipe robot service dan robot attack. Robot service memiliki kemampuan melakukan service rendah dan service lambung, dilengkapi oleh dua raket tambahan yang digunakan untuk mengembalikan bola netting, menggunakan transimis timing belt dan 3 motor serta jenis roda omniwheel. Untuk robot attack hampir sama dengan robot service, hanya yang membedakan adalah transmisi yang menggunakan kopling dan 4 motor dengan roda omniwheel.


Juara bukan Sekedar Piala Penghargaan

Pada Kontes Robot Indonesia Tingkat Regional tahun 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 23-25 April 2015, Unit Robotika ITB mengirimkan 5 tim untuk mengikuti 5 kategori yang dipertandingkan, yaitu Tim Dagominton pada kategori Kontes Robot Asia-Pacific Broadcasting Union Indonesia (KRAI), Tim Cakra Ganesha pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda, Tim Viva La Ganesha pada kategori KRPAI Berkaki, Tim Dago Hoogheschool pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), Tim Dago Concordia pada kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSI). Pada kompetisi tersebut tim ITB berhasil menunjukkan performa terbaiknya dengan merebut 3 posisi juara, yaitu Juara Pertama kategori KRAI, Juara Pertama kategori KRSI, Juara Pertama kategori KRSBI. Selain ketiga pencapaian tersebut, tim ITB juga memperoleh 2 penghargaan, yaituRobot Dengan Algoritma Terbaik kategori KRPAI Beroda dan penghargaan Robot Dengan Tarian Terbaik kategori KRSI. Keberhasilan ini menjadikan ITB sebagai tim satu-satunya perguruan tinggi yang dapat meloloskan seluruh tim-nya ke KRI Tingkat Nasional.

Pada pertandingan yang sangat ketat di ajang KRI Tingkat Nasional ini, Tim Robotika ITB akhirnya mampu meloloskan tim Dagominton untuk ketegori KRAI. Dengan semangat kebersamaan dan mental juara yang dimiliki, semua tim tergabung dalam Unit Robotika ITB mendukung penuh tim Dagominton untuk meraih puncak kemenangannya.

Ini merupakan suatu catatan baru yang terlahir setelah sekian tahun lamanya tertidur dan akhirnya kekuatan itu bangkit lagi ditahun ini. Dengan keberhasilan dalam setiap pertandingannya, maka tim Dagominton akan terus melaju ke tantangan yang jauh lebih berat, yaitu pada kompetisi Internasional, ABU Robocon, mewakili Indonesia. "Kami percaya bahwa usaha yang maksimal, latihan disiplin dan saling kerjasama antar anggota tim akan menghantarkan Tim Dagominton menjuarai ABU Robocon 2015" , tutur Eko (Teknik Mesin 2012) yang merupakan Pimpinan Project Dagominton ITB.


scan for download