Teknik Telekomunikasi ITB Gelar Seminar Pengenalan Jurusan dan Temu Alumni

Oleh Nida Nurul Huda

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id-Kemajuan dunia telekomunikasi dalam suatu negara berkembang, seperti Indonesia, merupakan hal yang mutlak. Perkembangan yang sarat akan kondisi dinamis memerlukan kelancaran komunikasi dari dan ke berbagai pihak yang memainkan peran ekonomi suatu negara. Berkenaan dengan ini, kiprah sarjana dan ahli di bidang telekomunikasi semakin ditunggu kehadirannya. Sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan , Program Studi Teknik Telekomunikasi ITB mengadakan Seminar Telemotion bertajuk "The Future of Telecommunication" pada Jumat dan Sabtu (29-30/5/15) yang bertempat di Aula Timur ITB.

Seminar tersebut diisi dengan topik pengenalan Program Studi Teknik Telekomunikasi, prospek karir bidang Teknik Telekomunikasi,serta kisah sukses Alumni Teknik Telekomunikasi. Pembicara yang turut membagikan pengalaman dan ilmunya diantaranya adalah Direktur SDM PT Huawei dan Irawan Purwono selaku Direktur Utama PT Nusantara Compnet Integrator & Presiden Direktur CMI. Seminar pada hari pertama ini mengusung topik utama "Telecom World as A Career Path" yang banyak membahas dunia telekomunikasi sebagai pilihan karir dan berbagai hal yang berkaitan didalamnya. Telemotion ini mempertunjukkan demo oleh Alumni yang menjuarai Kaspersky Cyber Security pada tahun 2013. Acara seminar ini dihadiri oleh siswa SMA/ SMK dan Mahasiswa dari berbagai Universitas. Selain berlangsung meriah, Telemotion juga sukses menarik minat siswa SMA/SMK untuk bergabung dengan program studi ini bila dilihat dari jumlah pesertanya.

Pada hari kedua, Telemotion mengadakan temu alumni Teknik Telekomunikasi ITB. Dalam sesi ini, diberikan pemaparan tentang berbagai seluk beluk Program Studi ini seperti sejarah, staf pengajar, laboratorium, dan rupa-rupa pendidikan serta penelitian yang tengah menarik diperbincangkan. Selain itu, terdapat pula diskusi panel mengenai prospek dan rencana riset di bidang Telekomunikasi untuk kedepannya yang melibatkan beberapa pembicara pada hari pertama, staf pengajar yang hadir, dan alumni serta beberapa Guru Besar Teknik Telekomunikasi ITB.

Acara inipun diakhiri dengan penyerahan plakat dan cinderamata untuk staf pengajar dan karyawan yang beranjak pensiun. Dina Karunia selaku salah satu panitia acara (Teknik Telekomunikasi 2013) tidak menyangka acara ini akan terselenggara hingga sebesar ini. Ia pun berharap agar penyelenggaraan acara semacam ini terus digelar untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan animo tentang jurusan-jurusan di Kampus Ganesha.

oleh

Irfaan Taufiiqul Rayadi
ITB Journalist Apprentice 2015


scan for download