SBM-ITB Gelar Workshop Bisnis Tambang Batubara

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - SBM-ITB kembali gelar workshop sebagai sarana pengenalan bisnis dan dunia industri pada Sabtu (13/09/14). Kali ini, SBM-ITB bekerjasama dengan PT. Baramulti Sugih Sentosa mengenalkan dunia industri tambang batubara kepada ratusan peserta yang hadir di Gedung Auditorium SBM-ITB. Turut hadir dalam acara tersebut, Dr. Aurik Gustomo, ST.MT, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya SBM-ITB didampingi jajaran PT. Baramulti Sugih Sentosa.

Acara yang dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa ITB ini diawali dengan sambutan Aurik Gustomo dan sambutan dari  PT. Baramulti Sugih Sentosa yang diwakili oleh Teguh Samudera. Dalam sambutanya, Aurik menyampaikan bahwa acara workshop dan pengenalan industri ini rutin dilaksanakan oleh SMB-ITB divisi career service, industrial and alumni relations. "SBM-ITB menjadi menarik karena selain banyak proses pembelajaran didalamnya dan juga memiliki divisi career service yang mencakup para alumni yang telah bekerja di industri guna memberikan wawasan mengenai proses dan aspek-aspek di perusahaan secara rutin, bukan hanya kepada mahasiswa SBM, tetapi semuanya." tutur Aurik. Kemudian Aurik menekankan kepada seluruh peserta yang hadir, memahami dan mengenali seluruh proses bisnis di perusahaan tempat bekerja, akan memunculkan keterikatan dengan perusahaan tersebut, sehingga rasa semangat untuk bekerja akan selalu muncul. Teguh Samuder menuturkan bahwa PT. Baramulti Sugih Sentosa menjalin kerjasama dengan SBM-ITB untuk melakukan rekrutmen sumber daya manusia secara rutin dan melaksanakan program magang untuk kerja praktik serta seminar dan penelitian bertopik tambang dan batubara.

Workshop tambang dan batubara disampaikan oleh Ir. Syadaruddin (Geologi ITB 87) yang sekarang berkarir profesional di PT. Baramulti Sugih Sentosa. Dalam penjelasan bagian awal, Ir. Syadaruddin menjelaskan potensi serta prospek pasar batubara di Indonesia. Selanjutnya, Ir. Syadaruddin memaparkan bagaimana para ahli geologi dan ahli tambang melakukan pencarian batubara dan merancang pemodelan metode penambangan serta rencana perolehan hasil tambang serta waktu yang dibutuhkan. Selain dalam sisi teknik enjineringnya, Ir. Syadaruddin menjelaskan bagaimana sisi manajemen berperan dalam industri batubara. Manajemen perusahaan dalam hal keuangan,  serta sumber daya manusia diperlukan dalam industri batubara guna mewujudkan tambang batubara yang menerapkan prinsip good mining practice. Sebagai akhir kegiatan, PT. Baramulti Sugih Sentosa melakukan pendaftaran awal bagi para peserta yang tertarik untuk bergabung bersama PT. Baramulti Sugih Sentosa. "Kami yakin bahwa kampus rekrutmen adalah hal yang baik, karena potensi-potensi sumber daya manusia ada di kampus." Ujar Aurik.


scan for download