Semarak Negeri Harmoni di OHU 2014

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Keluarga Mahasiswa ITB kembali menyelenggarakan Open House Unit (OHU) 2014 dalam rangkaian masa orientasi penerimaan mahasiswa baru (OSKM ITB 2014). OHU 2014 diselenggarakan pada Sabtu (30/08/14) di kawasan kampus Ganesha. OHU ITB memfasilitasi mahasiswa baru untuk mengenal unit kegiatan mahasiswa yang terdapat di ITB sehingga nantinya mahasiswa dapat beraktivitas dan berkarya di unit-unit tersebut.

OHU tahun ini mengangkat tema Negeri Harmoni. Negeri Harmoni merupakan cerita yang dikemas dengan apik sejak pra acara. Diceritakan pada pra acara,  Kamis (28/08/14), terdapat seorang raja dengan tiga orang anak di sebuah kerajaan, kemudian Raja tersebut wafat dan meninggalkan warisan dan kekuasaan kepada anak-anaknya. Pada saat OHU, ketiga anak tersebut membangun kerajaan masing-masing yang diwakilkan dengan bidang unit kegiatan mahasiswa. Ketiga kerajaan tersebut adalah kerajaan yang berwarna merah melambangkan apresiasi, Kerajaan Kuning membawa nilai selebrasi, serta Kerajaan biru menggambarkan sportivitas. Tim penampilan yang berperan sebagai prajurit kerajaan mengajak mahasiswa baru untuk masuk ke kerajaannya yang dalam hal ini adalah mengajak untuk mendaftar unit-unit.


Terdapat 83 unit yang mengisi stand untuk menjaring anggota baru. Mahasiswa baru mengunjungi stand-stand untuk mendaftar unit ataupun mencari informasi mengenai unit tersebut. Selain dengan mengunjungi stand, kemeriahan OHU juga dirasakan di panggung utama dengan menampilkan berbagai pertunjukan dari unit. Unit Kesenian Budaya Lampung, Unit Kesenian Betawi, Unit Kesenian Bali (Maha Gotra Ganesha), dan masih banyak lagi yang membuat takjub penonton. Terdapat juga panggung kecil yang menampilkan kreativitas unit budaya, unit kajian, dan lainnya. "Harapannya semoga OHU ini berkesan selama perjalanan angkatan 2014 di kampus nantinya,  serta mampu mengembangkan diri di unit-unit yang ada di ITB," ungkap Rizka Risyad (Teknik Elektro 2012) selaku ketua pelaksana OHU 2014.


Semarak OHU tidak hanya dengan menampilkan keahlian unit di bidangnya, tetapi juga menyediakan wahana bermain dan bioskop OHU. Wahana Karya dan Wahana Hiburan menyediakan permainan seperti Labirin Laser untuk dicoba pengunjung. Terdapat juga pameran karya dari unit agama, media, dan kajian. Pada malam harinya, diselenggarakan Bioskop OHU oleh Liga Film Mahasiswa (LFM) dengan menyangkan film horor, Silent Hill untuk menutup kemeriahan OHU 2014.


scan for download