Mahasiswa ITB Meraih Juara III pada ITS Expo Paper Competition 2014

Oleh Akbar Syahid Rabbani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa ITB berhasil meraih juara III pada gelaran ITS Expo Paper Competition (IEPC) 2014 dengan tema utama ASEAN Economic Community 2015: Strategi Pengembangan Industri Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia dalam menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015. Dengan judul karya tulis ilmiah "Fabrikasi Dye Sensitized Solar Cell Menggunakan Dye Alami sebagai Alternatif Dye Ruthenium", Nathaniel Chandra Harjanto (Teknik Fisika 2010), Robet Fransiska M.A. (Teknik Fisika 2010), dan Zalman Fariz (Teknik Fisika 2010) berhasil menyisihkan 150 tim lain yang berpartisipasi dalam kompetisi ini.
IEPC 2014 ini terbagi menjadi tiga tahap utama yaitu seleksi abstrak, seleksi karya tulis dan grand final. Dibawah bimbingan Brian Yuliarto, Ph.D. dan Muhammad Artono, S.T., selaku dosen Fakultas Teknik Industri ITB, tim Teknik Fisika ITB memilih sub tema "Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia sebagai energi alternatif berkelanjutan untuk peningkatan daya saing industri" sebagai fokus tema karya tulis ilmiah. Dengan tema tersebut, tim Teknik Fisika ITB mampu menembus babak grand final. Pada tahap ini, finalis diminta untuk mempresentasikan karya tulisnya disertai dengan demonstrasi prototype alat atau sistem yang diajukan pada karya tulis. Selain tim Teknik Fisika ITB, pada kompetisi ini tim UGM dan tim ITS berhasil menjadi juara I dan juara II.

 
Gelaran IEPC 2014 pada Februari 2014 - Mei 2014 ini juga diisi oleh beberapa acara lain yaitu creative room, entertainment show, innovation competition, gelar karya mahasiswa dan paguyuban. Keikutsertaan mahasiswa ITB dalam IEPC 2014 ini adalah sebuah ajang untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, tim Teknik Fisika ITB berharap kompetisi ini menjadi awal partisipasi yang lebih intensif dan mampu menginspirasi para pemuda di seluruh Indonesia untuk mengaplikasikan bidang keilmuanya dalam kehidupan bermasyarakat.

scan for download