ITB - NTUST Luluskan Delapan Wisudawan Program Dual Degree

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebanyak delapan orang mahasiswa S2 dual degree Teknik dan Manajemen Industri (TMI) ITB dengan Department of Industrial Management National University of Science and Technology (NTUST) telah dinyatakan lulus pada hari Sabtu (07/06/14). Prosesi Wisuda ini diselenggarakan di NTUST, Taipei, dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Indonesia, Ansari Bukhari, Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB, Prof. Bermawi Priyatna serta Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Arief Fadillah. Kedatangan tamu dari Indonesia tersebut disambut langsung oleh Presiden NTUST, Prof. Ching-Jong Liao dan Dekan School of  Management NTUST, Prof. Cheng-Kang Chen.

Program dual degree ini merupakan kerjasama antara program studi magister TMI ITB dengan NTUST dan Kementrian Perindustrian Indonesia. NTUST bukan satu-satunya universitas di Taiwan yang pernah bekerja sama dengan TMI ITB dalam membangun program dual degree. Selain NTUST, TMI ITB juga pernah menjalin kerjasama dengan National Chiao Tung University (NCTU) dan Chung Yuan University (CYCU).

Sebelum dilakukan prosesi wisuda, enam dari delapan mahasiswa yang telah diwisuda melaksanakan sidang tesis sebagai salah satu syarat kelulusan program magister. Sidang yang dilakasanakan pada tanggal 3 Juni 2014 ini dihadiri oleh tiga dosen dari TMI-ITB, yaitu T. M. A. Ari Samadhi, Ph.D., Dr. Sukoyo, Dr.Eng. Yosi Agustina Hidayat serta dosen dari NTUST. Sidang ini tidak hanya dihadiri oleh dosen ITB dan NTUST saja, melainkan hadir pula dosen dari berbagai universitas lain di Taiwan yang memiliki latar belakang keilmuan sesuai dengan tesis yang sedang diujikan. Sedangkan sidang tesis untuk  2 mahasiswa lainnya akan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 16 juni 2014.

Selama mengikuti program dual degree, mahasiswa-mahasiswa ini telah mencetak berbagai prestasi. Dibuktikan dengan sebagian tesis yang disusun mahasiswa berhasil diikutkan dalam konferensi tingkat internasional, yaitu The International Conference on Service Sciences and Innovation 2014 (ICSSI) yang diselengarakan oleh Service Science Society of Taiwan. Ditambah lagi dengan diperolehnya penghargaan Best Paper Award oleh Erika Fatma, salah satu mahasiswa program dual degree. Paper yang dibuat oleh Erika memiliki judul "Modelling Coopetition Strategy on Firms in High Technology Industry". Dengan dibantu oleh dosen pembing utama, yakni Prof. Kung-Jeng Wang yang menjabat sebagai Distinguished Professor dan Associate Dean dari School of Management, Dept. of Industrial Management NTUST dan dosen pembimbing serta Dr. Eng. Yosi Agustina Hidayat, dosen muda dari Kelompok Keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi, FTI ITB membuat Erika berhasil melakukan pencapaian dalam melengkapi wisuda dan kelulusan mahasiswa program dual degree ini.

sumber: fti.itb.ac.id


scan for download