Mahasiswa ITB Raih Prestasi dalam Ajang Pembuatan Aplikasi Samsung

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Teknik Informatika ITB  kembali mengharumkan nama almamater melalui ajang bergengsi Samsung App Challenge (Samsung Student Ambassador 2014) yang diselenggarakan oleh Samsung Asia Pte Ltd.  Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (02/05/14) bertempat di Ruang Rapat, Gedung Benny Subianto, STEI ITB. Dalam ajang tersebut, ITB berhasil mendapatkan kesempatan dan apresiasi sebagai Samsung Student Ambassador atas prestasi mereka dalam penggarapan aplikasi untuk pengguna perangkat Samsung.

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata penerapan ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa, serta membantu lahirnya inovasi baru dari mahasiswa tersebut," tutur Dr. Ayu Purwarianti selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika ITB dalam sambutan pada kegiatan tersebut. Pada ajang tersebut diselenggarakan presentasi  atas aplikasi yang dibuat oleh tim yang telah dinyatakan sebagai finalis pada rangkaian acara sebelumnya. Kegiatan tersebut diikui oleh dua universitas yang berhasil meraih posisi finalis, yaitu  ITB dan Telkom University.

Tim IDE Gamma yang terdiri dari  Genta Indra Winata (Teknik Informatika 2011), James Jaya (Teknik Informatika 2011), dan Ignatius Evan Daryanto (Teknik Informatika 2011) berhasil meraih juara pertama dari ITB atas aplikasi mereka yang dinamai Groove Sync. Juara kedua diraih oleh tim yang terdiri dari Sharon Loh (Teknik Informatika 2010), Timotius Kevin (Teknik Informatika 2010), dan Arie Tando (Teknik Informatika 2010) dengan nama aplikasi Lava Choko Cake. Sedangkan urutan ketiga diraih oleh Tim Ganesha 001 yang beranggotakan Samuel Cahyawijaya (Teknik Informatika 2010), Jordan Fernando (Teknik Informatika 2010), dan Nikodemus Adriel Limanthie (Teknik Informatika 2010).

Aplikasi yang diusung oleh Tim IDE Gamma, Groove Sync, merupakan aplikasi yang berbasis musik. Ide ini berasal dari perkembangan dunia hiburan di Indonesia, khususnya di bidang musik. Melalui aplikasi ini, penikmat musik yang kerap menggunakan aplikasi sejenis untuk pencarian atau mendengarkan musik akan merasakan sensasi baru untuk dapat memainkan alat musik secara bersamaan. Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan lantunan musik karangannya tersebut melalui aplikasi penyimpanan yang disediakan oleh Groove Sync ini.

Sedangkan juara pertama untuk tingkat Telkom Universy diraih oleh tim yang mengusung aplikasi Pentastic yang merupakan program berbasis permainan (game). Melalui ajang seperti ini, mahasiswa mendapakan kesempatan untuk mendeklarasikan ilmu yang mereka dapatkan sebelumnya. "Kami sangat mengapresiasi karya kreatif yang diajukan oleh seluruh peserta. Aplikasi tersebut merupakan inovasi yang turut mengintegrasikan Samsung Development Kit (SDK)," tutur Ketua Pelaksana Samsung App Challenge  (Samsung Student Ambassador 2014), Ronald Stevanus (Developer Evangelist untuk Samsung Asia Pte Ltd).

Sumber informasi dan foto : www.samsungdevs.asia dan www.stei.itb.ac.id.


scan for download