Adakan Cultural Night, SITH ITB dan Kookmin University Berbagi Budaya

By Nida Nurul Huda

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id-Sebagai penutupan acara pertukaran pelajara internasional, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB (SITH ITB) dan College of Forest Science, Kookmin University, Korea Selatan menyelenggrakan Cultural Night. Cultural Night tersebut diadakan pada Minggu (09/02/14) di Gedung Serbaguna ITB Jatinangor.

 

Acara Cultural Night tersebut merupakan acara puncak dan penutup atas terselenggaranya pertukaran pelajar internasional mahasiswa Kookmin University ke SITH ITB selama seminggu penuh. Para mahasiswa SITH ITB dan Kookmin University saling menampilkan budaya dari negara masing-masing. Mahasiswa SITH ITB menampilkan berbagai tari tradisional, angklung, ngawih, dan vocal group yang membawakan lagu-lagu daerah. Berbagai tari tradisional tersebut diantaranya Tari Saman (Aceh), Tari Merak (Jawa Barat), Tari Topeng (Jawa Barat), dan Tari Lenggang Nyai (Jakarta). Sedangkan, tim angklung membawakan lagu Manuk Dadali (Jawa Barat) dan I Think I love You (Korea)  sebagai persembahan pada mahasiswa Korea.


Tak mau kalah dengan mahasiswa Indonesia, para mahasiswa Kookmin University pun menampilkan tarian K-POP untuk menghibur mahasiswa Indonesia. K-POP atau Korean Pop merupakan jenis musik yang memang sedang populer sampai pada level dunia. Selain itu, para mahasiswa Korea juga membawakan lagu-lagu pop Korea.
Sebelum Cultural Night, mahasiswa SITH ITB dan Kookmin University pun diajak berinteraksi melalui permainan tradisional antara dua negara. SITH ITB menghadirkan permainan Makan Kerupuk, Balap Karung, dan Sendok Kelereng yang lekat dengan Indonesia untuk diperkenalkan. Sedangkan Kookmin University juga memperkenalkan permainan tradisional Korea yaitu Yout Nol E, Jegi Chagi, and Bisuk Chiki.


Acara tersebut semata-mata untuk mengenal dan mempelajari kebudayaan dari masing-masing negara. Selain itu mempererat hubungan baik antara SITH ITB dan Kookmin University "Acara ini sangat bagus. Saya sangat menikmatinya dan ternyata kebudayaan Indonesia sangat luar biasa. Benar-benar malam yang menyenangkan untuk saya", ujar Sora salah satu mahasiswi Kookmin University.


scan for download