HABITechno ITB 2013: Ajang Inkubasi Inovasi di Bidang Penyediaan Perumahan dan Pemukiman

Oleh Akbar Syahid Rabbani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pengaruh globalisasi dan hubungannya dengan inovasi di bidang kepemilikan tempat tinggal yang semakin menguat, mendorong Kelompok Keahlian Teknologi Bangunan serta Teknologi Perumahan dan Pemukiman dari Program Studi Arsitektur ITB untuk menggelar seminar internasional yang bertajuk HABITechno International Seminar Innovation Housing and Settlement Technology yang diselenggarakan pada Senin (11/11/13) di Aula Barat ITB.

Dalam mengangkat empat topik utama yaitu inovasi dalam penyediaan sumber daya perumahan, inovasi dalam bidang keterjangkauan, inovasi untuk kualitas perumahan atau pemukiman, dan teknologi untuk situasi dan pemukiman yang spesifik, HABITechno 2013 menghadirkan beberapa keynote speaker dari dalam dan luar negeri. Ir. Graita Sutadi M.sc dari Kementrian Pekerjaan Umum, Bruno Dercon dari UN-Habitat Asia Pasifik dan Ada Y.S. Fung dari Hongkong Housing Authority adalah beberapa pembicara yang dihadirkan pada acara HABITechno 2013. Selain itu, dihadirkan pula beberapa invited speaker yaitu Dr. Ismet Belgawan Haun dan Prof.Dr. Iswandi Imran dari ITB, Prof. Edwin H.W. Chan dari Hongkong Polytechnic University, dan Prof. George Ofori dari National University of Singapore. Pada acara yang rencananya akan digelar dua tahun sekali ini, dipresentasikan sebanyak 40 judul paper dari peserta dengan latar belakang dan negara asal yang beragam, yang telah diseleksi untuk dipresentasikan melalui sesi paralel yang dilakukan di tiga ruangan yang berbeda.

Seminar ini dihadiri oleh para peniliti, akademisi, pembuat kebijakan, maupun organisasi profesional yang berkecimpung dan memilki andil dalam bidang penyediaan pemukiman untuk masyarakat. Acara HABITechno 2013 diharapkan mampu menciptakan kerjasama diantara para akademisi dan praktisi, dalam mengembangkan pengetahuan serta inovasi teknologi dibidang penyediaan perumahan dan pemukiman. Dengan target kajian yang luas, baik hard technology maupun soft technology yang berkaitan dengan kajian pengembangan perumahan dan pemukiman yang berkelanjutan, diharapkan acara seminar ini dapat memberikan kontribusi positif bagi semua kalangan. "Acara ini diharapkan untuk menjadi ajang bertukar pikiran antar berbagai pihak yang terkait dalam bidang penyediaan perumahan dan pemukiman. Tentunya setelah acara ini diharapkan kita bisa melihat inovasi di bidang tersebut." kata Andry Widyowijatnoko, Ketua HABITechno International Seminar 2013.

 

Oleh: Ghufran Musta'an dan Imaduddin Abdurrahman (IJA 2013)


scan for download