IICIES 2013 : UKM Mengglobal untuk Kemajuan Indonesia

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB melalui Center for Innovation, Entrepreneurship, and Leadership (CIEL) mengadakan sebuah konferensi internasional untuk kelima kalinya. Konferensi ini bernama International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (IICIES 2013) dan kali ini diakan di Hotel Grand Royal Panghegar pada Selasa-Kamis (25-27/06/13). Tahun ini IICIES 2013 mengambil tema "Empowering Small Businesses to Grow and Thrive in the Global Market," sejalan dengan semangat yang selalu ditunjukan oleh CIEL SBM.

Pengambilan tema untuk tahun ini dirasa sangat tepat dengan momentum kewirausahaan di Indonesia. Selama lebih dari 5 tahun, CIEL ITB telah berupaya untuk membuat sebuah gerakan penguatan UKM mulai dari pengadaan workshop dan pelatihan, hingga pendampingan pada UKM yang ada di Indonesia.  Donald Lantu, Ph.D sebagai ketua CIEL SBM mengatakan bahwa konferensi ini adalah bagian dari upaya untuk menyiapkan pelaku-pelaku UKM agar mampu bersaing menghadapi ASEAN Economic Community pada 2015. Harapannya, semua pihak yang dapat membantu UKM seperti pemerintah dan lembaga terkait lainnya dapat berkumpul dan memikirkan masa depan UKM pada kesempatan ini.


Pada tiga hari penyelenggaraan konferensi, pembicara dan para ahli yang didatangkan memberikan poin-poin untuk menciptakan UKM Indonesia berskala dunia. Konferensi hari pertama ini dihadiri oleh Prof. Dr. Akhmaloka selaku Rektor ITB dan Prof. Sudarso Kaderi Wiryono selaku Dekan SBM ITB. Di hari pertama ini, IICIES diwarnai dengan serangkaian sesi pembicara yang bergerak di bidang entrepreneurship. Hadir pada kesempatan ini, adalah Bapak Syamsudin, Deputi Bidang Pengkajian Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk.), Yanto M. Purbo (CEO Bank Saudara - Medco Group), dan Susi Pudjiastuti (Pendiri Susi Air). Keempat tokoh ini mewakili peran pengambil keputusan dan penggerak industri dalam menciptakan globalisasi industri Indonesia. SBM ITB juga meluncurkan program studi baru, yaitu Prodi Kewirausahaan yang akan beroperasi di Kampus ITB Jatinangor pada eksempatan tersebut.

Hari kedua konferensi ini juga tak kalah menarik, Sen Sandjaya, dosen dari Monash University mengungkapkan sebuah konsep tentang servant leadership.  Hal ini sangat penting bagi seorang pemimpin perusahaan untuk mengamalkan konsep tersebut agar anak buah atau anggota tim merasa nyaman dan dihormati oleh pemimpin tersebut. Pada parallel session, IICIES 2013 juga menyajikan topik-topik yang menarik Pada parallel session, peserta dapat memilih diantara 4 ruangan, dimana masing-masing ruangan mewakili track atau topik yang berbeda. Mulai dari kewirausahaan hingga inovasi kreatif semuanya disajikan pada IICIES 2013 ini.

dikutip dari : http://cielsbm.org


scan for download