Konferensi Video Digital ITB: Talkshow Pengajaran dan Literasi Dengan Teknologi Canggih

Oleh Ahmad Furqan Hala

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Selasa (19/02/13) UPT perpustakaan ITB bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengadakan konferensi video digital bertemakan "Trends in International Math and Science Studies and Progress in International Reading Literacy". Konferensi video digital ini diadakan di ruang pelatihan IT, UPT Perpustakaan ITB. Pembicara yang hadir dalam acara ini antara lain: Ir. Hari Setiadi dari Departemen Pendidikan; Prof. Iwan Pranoto, Dosen ITB; dan Prof. Satrio Sumantri Brojonegoro, Mantan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Konferensi video digital berdurasi dua jam ini diawali dengan bincang-bincang seputar tren pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam internasional. Pembicara-pembicara yang merupakan ahli dalam bidang pendidikan dan pengajaran seperti Pak Iwan berbagi informasi dan pengalamannya dalam bidang ini. Pak Iwan sendiri adalah dosen ahli dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB serta penggagas situs belajar matematika online, pakiwan.com.

Materi selanjutnya yang disampaikan dalam konferensi video ini adalah perkembangan literasi internasional. Literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis. Kemampuan literasi ini tidak hanya berdasar pada kemampuan membaca, melainkan juga pada kemampuan berpikir analisis dalam membaca dan menulis. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan Sains dan Budaya PBB menyatakan bahwa untuk mengembangkan kemampuan literasi ini dibutuhkan kemampuan untuk belajar secara kontinu agar berdampak positif bagi pengembangan potensi dan pemanfaatan dalam masyarakat.

Di akhir konferensi video digital ini digelar sesi tanya jawab, baik dari pengunjung yang hadir di lokasi juga dari peserta konferensi video di ruangan. Hal ini dapat terlaksana karena adanya teknologi Digital Video Conference yang baru-baru ini dijadikan sebagai program baru yang dikembangkan oleh ITB. Peralatan-peralatan yang disediakan untuk melakukan konferensi video ini juga sudah sangat memadai untuk melakukan konferensi digital standar.

Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Dalam konferensi video digital ini, UPT Perpustakaan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Selain terbuka untuk mahasiswa dan umum, konferensi video ini juga dihadiri oleh Komunitas Bincang Edukasi dan komunitas lainnya, serta mahasiswa program studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB. Selain itu, UPT perpustakaan juga dibantu oleh teman-teman dari SMK Negeri 3 Bandung, jurusan Ilmu Administrasi Perkantoran sebagai pelaksana acara ini. Acara bincang topik ini sendiri dilaksanakan di Jakarta hasil kerjasama dengan yayasan @america dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

"Konferensi video ini digagas pertama kali oleh Pak Iwan. Kebetulan Pak Iwan mendapat tawaran menjadi pembicara di acara ini, sekaligus beliau meminta agar dilaksanakan konferensi video. Tujuannya adalah agar teman-teman mahasiswa disini bisa ikut mendapat materi yang disampaikan Pak Iwan walaupun tidak berada langsung di lokasi acara," tutur Yoka dari UPT Perpustakaan ITB selaku Koordinator Konferensi Video Digital.


scan for download