Field Trip SPE Student Chapter ITB: Pererat Hubungan dengan Perusahaan Minyak dan Gas

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Society of Petroleum Engineer Student Chapter ITB (SPE SC ITB) menyelenggarakan Field Trip ke kantor Total Energy Jakarta pada Rabu (28/11/12). Kunjungan ini diikuti oleh 46 peserta. Sebagian besar berasal dari program studi Teknik Perminyakan, namun terdapat juga beberapa mahasiswa yang berasal dari program-program studi lain seperti Teknik Kimia, Teknik Geodesi dan Geomatika, Teknik Geologi, dan Teknik Industri.

Kegiatan ini adalah field trip kedua yang diadakan oleh SPE SC ITB di tahun 2012. "Kali ini peserta yang ikut lebih banyak dari field trip yang lalu," ungkap Rezza (Teknik Perminyakan 2009), Kepala Divisi Field Trip  SPE SC ITB. Rombongan peserta berangkat dari ITB menuju Jakarta menggunakan bus pada pukul 03.00 pagi. Setiba di Jakarta, para peserta disambut dengan presentasi seputar proyek Total Energy, manajemen sumber daya manusia, serta kesempatan bekerja magang di Total Energy.

Saat ditemui tim Kantor Berita ITB, Rezza menceritakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan dengan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan bidang teknik perminyakan. Rezza berharap agar untuk selanjutnya dapat dilakukan kunjungan ke perusahaan yang mempunyai site agar kegiatan ini sesuai dengan namanya, yaitu Kunjungan Lapangan. Untuk itu, ia berencana untuk mengunjungi Chevron Geothermal di Gunung Salak, Bogor untuk kegiatan field trip selanjutnya.

Sekilas tentang SPE

SPE adalah organisasi internasional yang berhubungan dengan bidang keprofesian teknik perminyakan dan telah tersebar di seluruh dunia. Anggota SPE tak hanya berasal dari mahasiswa Teknik Perminyakan saja, namun juga profesional dan praktisi di bidang ini. Dalam keseharian seluruh staf dan badan pengurus SPE SC ITB menggunakan bahasa Inggris dalam setiap kegiatan rutin, seperti rapat internal dan seminar.

Rezza mengatakan bahwa mahasiswa dari program studi manapun dapat bergabung menjadi anggota SPE SC ITB. Ia pun berharap agar massa ITB dapat mengenal SPE melalui kegiatan-kegiatan lain.  Di tahun 2013, SPE akan mengadakan perhelatan bertaraf Asia Pasifik bertajuk Indonesian Petroleum Week. Acara ini terdiri dari seminar, kompetisi, dan company days yang menghadirkan berbagai perusahaan untuk melakukan presentasi di ITB.

Oleh: Medhira Handinidevi dan Farisa Nabila (IJA 2012)


scan for download