Kontes Robot Nasional 2012: Pertarungan Robot Cerdas Indonesia

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Guna memaparkan informasi seputar Kontes Robot Nasional, ITB sebagai panitia penyelenggara menggelar press conference pada Kamis (21/06/12). Acara yang dilaksanakan di Gedung CCAR ITB ini dihadiri oleh tim-tim yang berasal dari perguruan tinggi di Bandung diantaranya ITT (Institut Teknologi Telkom), POLBAN (Politeknik Negeri Bandung), Universitas Maranatha, UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), dan ITB (Institut Teknologi Bandung). Agenda pembahasan kompetisi yang akan dihelat pada Sabtu dan Minggu (30/06/12-01/07/12) di Sasana Budaya Ganesha ITB berlangsung menarik karena diwarnai peragaan robot oleh para tim.

"Pada kontes ini pecinta robot dari seluruh universitas di Indonesia akan datang dan berlomba untuk menunjukkan kepintaran robotnya," ujar Dr. Kusprasapta Mutijarsa (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB) sebagai Ketua Panitia. Kontes robot bergengsi ini akan mempertandingkan berbagai kategori lomba yang dibagi dalam empat divisi yaitu divisi KRI (Kontes Robot Indonesia), divisi KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) Pemadam Api, divisi RSHL (RoboSoccer Humanoid League), dan divisi KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia).

Untuk mendapatkan tiket peserta pada kontes nasional ini, seluruh tim harus bersaing di tingkat regionalnya. Pertandingan ditingkat regional dilangsungkan di lima wilayah diantaranya regional I Sumatera, regional II Jawa Barat, regional III Jawa Tengah, regional IV Jawa Timur, dan regional V Wilayah Timur. "Juara I, II, III dan tim-tim berpotensi berhak mendapatkan tiket ke nasional," tambah Dr. Kusprasapta.

94 tim yang berasal dari universitas di seluruh Indonesia berhasil terseleksi dan akan bertanding pada kompetisi 'penggila' robot ini. 24 tim akan memperebutkan titel KRI, 23 tim pada KRCI Pemadam Api beroda, 14 tim pada KRCI Pemadam Api berkaki, dan 17 tim KRCI RSHL

Bersaing Rebut Tiket Internasional

Peserta pada divisi KRI akan ditantang untuk membuat sistem robot terintegrasi yang bisa menyelesaikan misi tertentu. Pemenang pada kontes ini akan menjadi delegasi Indonesia dalam kontes robot internasional, ABU Robocon di Hongkong, China pada Agustus 2012. Tema KRI tahun ini adalah 'Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan' menyesuaikan tema ABU Robocon "Pen On Dai Gat". Tercatat 24 tim akan bersaing untuk menyabet gelar pada divisi ini.

Selain divisi KRI, pemenang divisi KRCI juga berpeluang mengikuti kompetisi robot Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest TCFFHRC 2013 di Connecticut, Amerika Serikat. KRCI Pemadam Api menandingkan 23 robot-robot divisi berkaki dan 14 robot divisi beroda untuk menyelesaikan misi memadamkan api. Pemenang KRCI RSHL juga berpeluang untuk mendapatkan tiket internasional menuju kompetisi RoboCup 2013. Kategori ini akan menyajikan atraksi 3 on 3 robot di lapangan hijau.

Penyelenggaraan Kompetisi Robot Nasional yang akan diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha pada Sabtu-Minggu (30/06/12-01/07/12) ini juga akan dimeriahkan oleh Pameran Teknologi dan Zona Kuliner. Pameran akan menampilkan teknologi terbaru di bidang robotika, telekomunikasi, elektronika, dan lain-lain. Hal ini untuk memanjakan supporter tim yang datang dari luar kota bahkan luar pulau untuk mendukung timnya.

Foto Lain:

 

 


scan for download