Jemput Kesempatan Kerja Pada ITB Integrated Career Days 2012

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB Integrated Career Days 2012 telah dibuka pada Jumat (25/05/12). Tidak hanya lulusan ITB saja yang berpartisipasi dalam acara ini, namun juga lulusan dari universitas lain di dalam maupun luar Bandung. Dalam pembukaan yang dimulai pada pagi hari, turut hadir pula Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II, Saptono R Irianto dan Ir. Ahmad Bambang, MT.,MMI, selaku Senior Vice President HRD Pertamina, yang keduanya merupakan perusahaan sponsor utama dari acara Career Days Mei 2012.

"Pada Career Days kali ini, melibatkan 51 perusahaan," ujar Direktur ITB Career Center, Dr. Eng Bambang Setiabudi, ST., MT. Menurutnya, semakin lama semakin banyak perusahaan yang ingin ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pada acara kali ini saja, sampai ada sepuluh perusahaan yang belum berkesempatan berpartisipasi dikarenakan tempat yang terbatas. Perusahaan-perusahaan yang hadir merupakan perusahaan berskala nasional bahkan internasional, diantaranya Pelindo II/ Indonesia Port Company (IPC), PT. Pertamina (Persero), PT. Adaro Energy, Mori Seiki Co. Ltd, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT. Biofarma, Total E&P Indonesie, dll.

Beberapa kegiatan yang berlangsung selama acara adalah pameran industri, presentasi perusahaan yang disajikan oleh lebih dari 15 perusahaan, dan tentunya perekrutan karyawan. Perusahaan yang turut berpartisipasi berasal dari beragam bidang, diantaranya energi, farmasi, komunikasi, engineering, dan banking.

Keuntungan partisipan yang didapat dengan mengikuti acara ini, bagi perusahaan dapat bertemu langsung dengan pelamar pekerjaan, dan bagi jobseeker serta mahasiswa dapat mendapat gambaran pekerjaan dan posisi yang dibutuhkan dengan langsung berinteraksi dengan pihak perusahaan.

Acara Periodik

ITB Career Days 2012 yang diselenggarakan 25-27 Mei 2012 merupakan acara periodik yang diselenggarakan oleh ITB Career Center. Biasanya, acara diadakan pada sekitar April atau Mei, dan pada akhir tahun, yaitu Bulan Oktober. Sebelum acara, ada beberapa pra event yang telah dilangsungkan, diantaranya adalah Saturday Lesson pada Sabtu (12/05/12) yang diisi oleh Commonwealth Bank dan satu minggu setelahnya oleh HSBC serta Perdana Consulting.

Tak hanya pra-event yang dilakukan, ada pula pelatihan-pelatihan yang rutin diadakan, seperti pelatihan pembuatan cover letter dan CV yang baik, juga konseling karir.


scan for download