Rangkaian Kuliah Tamu Product Engineering oleh Prof. Leon P.B.M. Janssen

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program studi Teknik Kimia ITB menyambut kunjungan Prof. Leon P.B.M. Janssen, dari Departemen Teknik Kimia Universitas Groningen, Belanda pada Senin hingga Jumat lalu (29/01/12 - 03/02/12). Beliau menyampaikan kuliah tamu mengenai Product Engineering kepada para mahasiswa Teknik Kimia ITB yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Rekayasa Produk yang dibimbing oleh Ir. Gerardus Handi Argasetya, M.T. dan Dr. Irwan Noezar.

Ilmu teknik kimia selalu diidentikkan dengan istilah process engineering (rekayasa proses), karena para insinyur teknik kimia pada umumnya bekerja sebagai perancang dari sedemikian banyak proses produksi yang ada di dunia industri. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, para insinyur teknik kimia ini diharapkan juga mampu mengerti tentang product engineering (rekayasa produk), sebuah ilmu yang mempelajari tentang perancangan dan pengembangan produk, berikut dengan sains dan teknologi yang berada di baliknya. Hal ini disebabkan oleh perkembangan industri yang dahulu didorong oleh perkembangan teknologi (technology push), saat ini mayoritas telah dikendalikan oleh tarikan pasar (market pull) yang sangat bergantung kepada kepuasan konsumen. Industri masa kini harus mampu mengerti kebutuhan konsumen dengan menghasilkan produk yang tepat.

Oleh karena itu, Prof. Janssen yang merupakan honorary professor dalam bidang Matematika dan Ilmu Alam di Universitas Groningen berbagi pengetahuan mengenai rekayasa produk kepada para mahasiswa dalam lawatannya ke ITB. Prof. Janssen memberikan kuliah mengenai jalur perancangan dan pengembangan produk. Dalam kuliah ini Prof. Janssen menggambarkan betapa pentingnya kreativitas para insinyur untuk berinovasi dalam perancangan, begitu pula dengan ketekunan untuk mengembangkan produk menjadi terus lebih baik.

Selain dasar-dasar dalam perancangan produk, Prof. Janssen juga menjelaskan dengan bersemangat bagaimana produk-produk sederhana sebagai makanan ringan, pasta gigi, bahan-bahan adesif (lem), hingga herbisida dan obat-obatan memiliki dasar-dasar sains dan teknologi yang sangat kental. Untuk itu, beliau menganjurkan para mahasiswa untuk merancang produk sesuai dengan algoritma yang ada. Kesempatan bertanya dibuka selebar-lebarnya dan Prof. Janssen selalu berusaha memberikan jawaban yang memuaskan keingintahuan mahasiswa. Di akhir kuliah, tak lupa dia memberikan apresiasi kepada para mahasiswa, "Saya senang banyak yang bertanya, bahkan menyela saya. Menurut saya itu bagus."

Kunjungannya ke Indonesia pun ternyata bukan yang pertama. Tahun lalu, Prof. Janssen bahkan telah empat kali mengunjungi berbagai tempat di tanah air, "Untuk 2012, ini adalah kunjungan pertama saya," candanya. Kuliah tamu tersebut kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama para mahasiswa di Monumen Plaza Widya ITB.

Setelah menyampaikan rangkaian kuliah rekayasa produk selama empat hari, pada hari kelima Prof. Janssen memberikan kuliah umum dengan judul 'Plus or Minus Forty Years: An Engineering Approximation to Futurology'. Berita mengenai kuliah umum ini dapat disimak di sini.


scan for download