ITB Berikan Penghargaan pada Gubernur Jawa Barat

Oleh Hastri Royyani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Usai menyampaikan orasi ilmiah yang bertajuk "Mewujudkan Jawa Barat sebagai Provinsi Terdepan dan Termaju di Indonesia Bersama Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha", Gubernur Jawa Barat mendapat penghargaan dari ITB. ITB memberikan Penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adi Utama kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Jumat (23/09/11) bertempat di Aula Barat ITB.
"Gubernur Jawa Barat dinilai pantas mendapatkan penghargaan atas jasa dan pengabdiannya terhadap pembangunan di Provinsi Jawa Barat dan Institut Teknologi Bandung," tutur Akhmaloka. Heryawan mampu memimpin Jawa Barat menjadi lebih baik.

Heryawan menanggapi, "Penghargaan ini menjadi pendorong agar berbuat lebih banyak lagi untuk Jawa Barat." Masih banyak hal yang perlu dibenahi dan dilakukan agar pembangunan Jawa Barat lebih optimal seperti pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, tuturnya.

Dalam kuliah umum Heryawan memaparkan visi besar pembangunan Provinsi Jawa Barat. "Kebijakan ekonomi, pendidikan, kesehatan, industri, dan infrastruktur yang disusun pemerintah Jawa Barat bisa berjalan jika ada kerja sama kuat antara pemerintah, akademisi, dan pengusaha," ungkap Heryawan. Jika terwujud maka kemajuan Jawa Barat semakin nyata.

Untuk bidang pendidikan Heryawan menuturkan telah menyiapkan dana penelitian untuk perguruan tinggi. "Namun untuk saat ini lebih difokuskan untuk penelitian yang memberi manfaat bagi pembangunan di Jawa Barat," papar Heryawan.

Ia menambahkan, "Hasil  riset dan inovasi dari perguruan tinggi yang berdaya guna akan dibeli oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat." Dengan demikian semoga bisa menjadi pemicu semangat akademisi untuk melakukan penelitian terkait permasalahan masyarakat Jawa Barat.

Rektor ITB Akhmaloka menuturkan, "Selama ini dosen ITB banyak melakukan penelitian, dengan terobosan yang dilakukan Pemprov Jabar dalam menyiapkan dana penelitian merupakan sebuah hal yang luar biasa." Tentu akan memberi dampak positif terhadap semangat penelitian di lingkungan kampus.


scan for download