Yudi S. Gondo Karyono: Bangga pada Prestasi Mahasiswa di KRN

Oleh Nofri Andis

Editor -

YOGYAKARTA, itb.ac.id - Dari lima kategori, tim robot ITB hanya sukses membawa pulang membawa satu gelar pada Kontes Robot Nasional 2011 di Yogyakarta. Namun, itu tidak menyurutkan kebanggaan Ketua Program Studi Teknik Elektro Yudi S. Gondo Karyono Ph.D yang hadir menyaksikan pada saat kontes robot akbar tanah air tersebut digelar.
"Saya bangga dengan prestasi yang telah mereka capai saat ini," kata Yudi kemarin di Grha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada. Menurut Yudi, prestasi merupakan hal yang penting, namun yang lebih penting adalah pelajaran dan pengalaman yang bisa dipetik dari acara tersebut. Terlebih, Yudi mengatakan kegiatan positif perlu terus diberi dukungan.

"Ada banyak ide kreatif yang muncul di sini, mereka sangat cerdas. Apalagi karena mereka melakukannya atas dasar hobi dan minat. Hal ini perlu didukung," jelasnya. Lebih lanjut Yudi mengatakan, selama ini dukungan ITB terhadap pengembangan kreativitas mahasiswa sudah cukup baik.

Seperti tahun sebelumnya, pada KRN kali ini ITB berhasil menjadi juara pada kontes robot cerdas berkaki. Meski begitu, pada kategori lainnya prestasi ITB juga mengalami peningkatan. Untuk Kontes Robot Indonesia, tahun ini tim ITB bisa bertanding hingga hari kedua.

Kemudian, robot yang disertakan pada kontes robot cerdas beroda berhasil masuk babak perempat final. Sayangnya, robot yang diberi nama Cakra tersebut harus tunduk pada robot tuan rumah. Sebelumnya, tim robor cerdas beroda tidak lolos penyisihan nasional. Begitu pun dengan robot seni dari ITB. Robot hitam bernama Aaron tersebut sebelumnya juga tidak lulus pada seleksi regional.

Terakhir, robot cerdas battle humanoid, menjadi satu-satunya robot yang bisa menendang bola pada seleksi regional I di Institut Teknologi Telkom Februari lalu. Pada KRN 2011 robot ITB berhasil masuk babak perdelapan final.

scan for download