Layanan Email Bagi Alumni ITB

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Demi kemudahan berhubungan dengan sesama alumni, ITB kini menyediakan layanan email forwarding bagi alumninya. Dengan layanan ini, alumni akan mendapat alamat dengan domain @alumni.itb.ac.id. Email yang masuk ke akun @alumni.itb.ac.id akan diforward ke alamat email yang telah ditentukan oleh pemilik email.
Untuk mendapatkan domain @alumni.itb.ac.id, alumni dapat mengunjungi situs mail.alumni.itb.ac.id, kemudian mengisikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dan nama lengkap. Sistem akan berhubungan dengan database dan memverifikasi apakah kombinasi NIM dan nama lengkap yang diisikan terdapat pada daftar alumni. Jika verifikasi gagal, alumni akan diminta mengupload scan ijazah dan kartu identitas.

Setelah verifikasi berhasil, alumni akan diminta menentukan username, password, serta alamat email tempat forward dari domain @alumni.itb.ac.id ditujukan.

Email forwarding bukanlah akun email, sehingga alumni yang hendak mempergunakan fasilitas ini haruslah terlebih dahulu memiliki alamat email yang valid. Karena bukan merupakan akun email, email forwarding tidak memiliki kapasitas penyimpanan email, sehingga akan langsung meneruskan email yang masuk ke alamat email forward.  Alamat email forward dapat berupa beberapa email sekaligus, seperti email pribadi dan email tempat kerja.

Layanan ini mempermudah hubungan antaralumni. Ketika berganti alamat email, pemilik alamat tidak perlu memberitahukan perubahan alamat email ke seluruh kontak, melainkan cukup mengganti akun email yang telah ditentukan sebagai email forward.

Email forwarding diresmikan penggunaannya pada wisuda ITB April 2011 lalu dan dioperasikan oleh Tim Layanan Alumni. Hingga saat ini, telah terdapat 781 subscriber, dengan angkatan 1976 sebagai angkatan tertua pengguna layanan.

scan for download