FTI Laboratory Tour 2011: Mengenal Lebih Jauh Prodi di FTI

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Penjurusan mahasiswa tahap persiapan bersama (TPB) segera menemui puncaknya pada akhir semester ini. Ketepatan memilih jurusan merupakan suatu hal penting oleh karena itu Fakultas Teknologi Industri (FTI) beserta keempat program studi dibantu oleh himpunan mahasiswa setiap prodi menyelenggarakan suatu acara bertajuk "FTI Laboratory Tour 2011". Acara ini diselenggarakan pada Selasa (10/05/11) di empat prodi yang ada di FTI yakni Teknik Kimia, Fisika Teknik, Teknik Industri, dan Manajemen Rekayasa Industri.

"FTI Laboratory Tour ini bertujuan untuk mengenalkan laboratorium di prodi-prodi FTI sehingga mahasiswa TPB dapat memilih jurusan yang tepat dan mengetahui lebih jauh mengenai program studi yang akan mereka pilih," ujar Merwyn Sebastian (Fisika Teknik'09) sebagai ketua pelaksana acara ini di sela acara.

Mengenal Kehidupan Prodi Lebih Jauh


Terdiri dari dua mata acara yaitu kunjungan laboratorium dan pengenalan himpunan, acara ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kehidupan di program studi masing-masing. Beberapa laboratorium yang dikunjungi adalah Fisika Bangunan, Bio proses, Instrumentasi Industri. Di setiap laboratorium mahasiswa TPB FTI diberikan penjelasan dan demo mengenai proyek ataupun instrumen yang ada.

Untuk himpunan, terdapat tiga himpunan yang memberikan penjelasan mengenai aktivitas yang dilakukan yakni Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatek), Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT), dan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (MTI).

"Acara ini bagus, kita jadi tahu mengenai prodi beserta spesifikasinya. Laboratorium paling menarik menurut saya itu Fisika Bangunan dari Fisika Teknik dan Bio Proses dari Teknik Kimia," jawab Arinda salah satu peserta FTI Laboratory Tour 2011 ketika ditanya kesan mengenai acara ini.

Dengan berakhirnya FTI Laboratory Tour 2011 diharapkan memberi pengenalan lebih jauh mengenai prodi yang ada di FTI sehingga tidak ada kesalahan dalam memilih di kuesioner gelombang ketiga bagi mahasiswa TPB. Adapun kuesioner gelombang ketiga ini berakhir pada Rabu (25/05/11). Ketepatan pemilihan jurusan merupakan suatu langkah awal untuk kehidupan akademik yang nyaman nantinya, sehingga hal ini perlu dipikirkan agar mahasiswa tidak salah langkah.


scan for download