ITB Juara Kontes Robot Internasional

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

CONNECTICUT, itb.ac.id - ITB keluar sebagai pemenang kompetisi the 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2011 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat pada Sabtu-Minggu (09-10/04/11). Juara pertama dan kedua kategori robot cerdas berkaki diraih oleh tim robot ITB, mengalahkan pesaing-pesaing dari Amerika Serikat, Cina, Meksiko, Israel, Portugal, dan Kanada.
Tim robot ITB yang berlaga dalam kejuaraan ini terdiri atas tiga orang anggota tim: Syawaludin Rahmatullah (Teknik Elektro 06), Samratul Fuady (Teknik Elektro 07), Ashlih Damaetri (Teknik Elektro 07), serta satu orang manajer tim: Dody Suhendra (Teknik Elektro 05). Keempat perwakilan seluruhnya merupakan anggota Robotika ITB, unit kegiatan mahasiswa yang mendesain dan merakit robot untuk dilombakan di tingkat nasional dan internasional.

Lombakan Robot Cerdas

Sebelum berlaga di Trinity College, tim robot ITB telah mengikuti serangkaian kompetisi pendahulu. Tim robot ITB telah mengikuti kompetisi robot nasional di Universitas Muhammadiyah Malang dan keluar sebagai juara pada kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) berkaki. Kompetisi terdiri atas tiga kategori KRCI: berkaki, beroda, dan battle; satu kategori Kontes Robot Indonesia (KRI), dan satu kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Ciri khas kategori KRCI ialah pada penggunaan sensor (alat untuk mendeteksi perubahan lingkungan fisik dan kimia. Sumber: Wikipedia). Sensor berperan sebagai 'indera' pada robot. Sedangkan kategori KRI mengutamakan reliabilitas mekanik.

Robot Yaqut meraih juara pertama kategori KRCI berkaki, dan robot Zarqun meraih juara kedua kategori KRCI berkaki. Kompetisi ini adalah kejuaraan fire fighting; artinya, robot-robot yang dilombakan seluruhnya merupakan robot pemadam api.


Persiapkan Trinity College Tahun Depan

Dituturkan oleh Wahid Lalangbuana (Teknik Mesin 07), anggota Robotika, peserta kompetisi robot kategori KRCI battle dan KRI, bahwa tahun depan, tim robot ITB memiliki target memenangkan kategori KRCI beroda dan mampu mengirimkan perwakilan pada setiap kategori.

Calon kru unit Robotika dididik dan dipersiapkan sejak dini. Tim muda belajar pada senior yang lebih berpengalaman. Kaderisasi dipersiapkan dengan baik agar dapat melanjutkan prestasi pada tahun berikutnya.

Bahkan sejak saat ini, tim robot ITB sudah memulai persiapan untuk kejuaraan Trinity College tahun depan. Tim robot ITB akan berlaga di kompetisi regional di Institut Teknologi Telkom pada Sabtu-Minggu (14-15/05/11). Kompetisi ini merupakan seleksi untuk kompetisi tingkat nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM), yang juga merupakan seleksi untuk kejuaraan Trinity College selanjutnya.

Dody, manajer tim robot ITB, menyatakan, "Kami tidak ingin kemampuan desain dan merakit robot berhenti sampai di sini. Kami ingin dapat membuat robot yang sesungguhnya, bukan sekadar prototype. Selanjutnya, kami ingin mengembangkan kemampuan kami untuk membuat robot-robot yang canggih seperti robot yang mampu memasuki daerah berbahaya, atau robot penjinak bom."

Teruslah berkarya, tim robot ITB!

scan for download