Membuka Wawasan Baru Perancangan Pabrik Melalui Pelatihan Rancang Pabrik LRPTN XII

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Untuk meningkatkan kemampuan para peserta LRPTN dalam merancang pabrik, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB mengadakan Pelatihan Rancang Pabrik (PRP) Gelombang II, pada Sabtu (05/02/11). Pelatihan tersebut merupakan pre-event dari Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) XII yang merupakan sebuah kompetisi rancang pabrik untuk mahasiswa, dengan mengangkat tema "Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan dan Energi Nasional".

Acara pelatihan yang diselenggarakan di Ruang X-316, Labtek X ITB ini diisi oleh Senior Process Engineer PT Rekayasa Industri, Ir. Boi Sormin dan diikuti oleh 77 peserta yang berasal dari ITB, UI, ITI, ITENAS, UNPAR, UNPAD, IST Al-Kamal, KAUS (Arab Saudi), BPPT Indonesia, dan UNDIP. Yang menarik, acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa baik peserta LRPTN maupun non peserta, tetapi juga diikuti beberapa insinyur muda dari BPPT.

"Acara Pelatihan Rancang Pabrik yang merupakan inovasi baru dalam rangkaian acara LRPTN XII, diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai perancangan pabrik langsung dari kalangan perusahaan EPC (Engineering, Procurement, and Construction)," jelas Ivan Hadinata Rimbualam (Teknik Kimia 2007) selaku Ketua LRPTN XII, di sela-sela sambutannya pada awal acara. Pembukaan PRP sendiri dilakukan oleh Hamzah selaku Menko Internal Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB yang menyatakan dukungan penuh terhadap acara ini agar mahasiswa lebih terpacu untuk berkarya dan mengembangkan keilmuan serta keprofesian.

Dalam paparannya, Ir. Boi Sormin menyampaikan materi-materi penting seperti perancangan pabrik (plant design), pengoperasian pabrik (plant operation), dan pengenalan proses-proses utama dalam pabrik dengan cara yang interaktif dan menarik. Para peserta yang mulanya hanya mengetahui perancangan pabrik lewat teori, menjadi lebih paham bagaimana mengaplikasikan rancangan mereka pada kondisi nyata.

R. Ahmad F., ST, MSi, selaku peserta pelatihan rancang pabrik dari unit Bioteknologi BPPT memberikan tanggapan positif mengenai kegiatan ini. "Pelatihan rancang pabrik ini sangat bagus bagi mahasiswa  serta membangkitkan memori perancangan pabrik bagi akademisi teknik kimia. Untuk lebih ke depannya pelatihan ini harus lebih bersifat praktis seperti melibatkan studi kelayakan," ungkapnya.

Selain Pelatihan Rancang Pabrik, panitia LRPTN XII masih menyiapkan berbagai rangkaian acara LRPTN lain, yaitu Kompetisi Esai Mahasiswa dan Pelajar, yang akan digelar pada Maret 2011 dan Main Event LRPTN XII yang terdiri dari Expo dan Grand Final pada April 2011 mendatang.  Acara Grand Final ini akan memperebutkan hadiah total hingga 47 juta rupiah dengan menghadirkan keynote speaker dari akademisi teknik kimia, ahli dari kalangan industri teknik kimia, dan pihak investor.


scan for download