Personal Power untuk Raih Kesuksesan

Oleh Nofri Andis

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Konsep kecerdasan majemuk, Intelegent, Emotional, dan Spiritual Quotient (IQ, EQ, dan SQ) memang sudah cukup lama dikenal. Manusia memerlukan ketiga kecerdasan ini untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya. Sayangnya, pendidikan formal lebih banyak terfokus pada kecerdasan intelejen.
Nah, Untuk melengkapi ketiga kercerdasan tersebut pada mahasiswa, Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM) ITB menyelenggarakan Seminar Motivation Sharing dan Personal Power pada Sabtu (30/10/10) di kampus ITB. Gratis! Tak heran, cukup banyak mahasiswa ITB mengikuti "kelas" ini, walau Sabtu adalah hari libur.

Inti seminar ini adalah bagaimana cara seseorang agar mampu memanfaatkan segenap kemampuan dirinya dan bertindak dengan cerdas untuk meraih kesuksesan. Namun, apa itu sukses?

Konsep sukses yang ditawarkan Hendra Bahar, salah satu pembicara seminar, merupakan sebuah perjalanan dan bukan tujuan akhir. Setelah seseorang berhasil meraih tujuannya, akan ada tujuan-tujuan berikutnya yang akan dicapai, jelas Hendra.

Alumni Teknik Elektro 1976 itu mengatakan, orang yang sukses adalah orang yang mempu memanfaatkan kemampuan dalam dirinya secara maksimal. Kemampuan tersebut termasuk dari yang dikendalikan alam sadar manusia, juga alam bawah sadar.

Penelitian menunjukkan, alam bawah sadar manusia memiliki porsi lebih besar yaitu 88%. Sayangnya, kemampuan besar ini jarang sekali termanfaatkan.

kabar baiknya, Hendra mengatakan kemampuan bawah sadar tersebut bisa dimanipulasi. Manipulasi alam bawah sadar tersebut bisa membantu manusia mengubah kebiasaan sehingga menjadi lebih baik.

Untuk meraih kesuksesan, ada empat langkah yang diajarkan Hendra. Punya tujuan hidup, bertindak, luwes, dan peka terhadap perkembangan. "Hampir semua orang sukses mempunyai pola yang sama atau memiliki pendekatan yang sama," kata dia.

Selain materi dan motivasi, share pengalaman pun dilakukan agar pemahaman peserta semakin bertambah. Acara juga diselingi dengan beberapa permainan menarik sehingga peserta makin bersemangat.

scan for download