Peresmian PALAPA II: Awali Langkah Menuju Desa Mandiri Energi, Mandiri Ekonomi

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id-Billboard bertuliskan "Selamat datang di Desa Mandiri Energi PALAPA HME (Himpunan Mahasiswa Elektroteknik-red) II" berdiri kokoh di jalan masuk Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Desa itu kini memulai langkah menuju pewujudan Desa Mandiri Ekonomi Berbasis Energi terbarukan. Rabu (19/05/10) merupakan hari peresmian PALAPA II oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka. PALAPA II, yang berisikan pembangkit listrik sel surya serta pembangunan beberapa elemen pendukung kesejahteraan, seperti koperasi, peternakan ayam, dan Rumah Belajar, resmi dioperasikan.

Tidak hanya membangun pembangkit listrik tenaga sel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik Desa Mekarwangi, tim PALAPA II juga mendirikan sarana penunjang ekonomi masyarakat sekitar, berupa peternakan ayam. Peternakan ayam dapat menjadi sumber pemasukan untuk pemeliharaan dan perawatan pembangkit. Selain itu, tim PALAPA II juga mendirikan koperasi atas kerja sama dengan Rumah Amal Salman, dan Rumah Belajar atas kerja sama dengan Ikatan Alumni (IA) ITB dan Rumah Amal Salman. Chevron Pacific Indonesia bertindak sebagai sponsor pembangunan pembangkit listrik.

Pada sambutan peresmian, Prof. Dr. Akhmaloka menyampaikan kebanggaannya mengetahui bahwa ITB dapat berkontribusi dalam penyediaan sumber listrik. Di depan Asisten II Bupati Garut, Kepala Dinas Energi Kabupaten Garut, perwakilan Chevron Pacific Indonesia, Ketua Yayasan Pembina Masjid Salman, Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni Prof.Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc., Ph.D, serta warga lokal yang hadir pada peresmian, Akhmaloka menekankan, "ITB tidak ingin berjalan sendiri dalam membangun Indonesia, namun ingin bersama-sama dengan komponen lain seperti Pemda, industri, dan masyarakat."

Pemberitaan sebelumnya mengenai PALAPA II menyebutkan bahwa keterlibatan tim tidak berakhir di sini, namun berlanjut dengan tujuan memonitor pelaksanaan proyek PALAPA II. Penyuluhan dan pemantauan akan terus dilakukan. Setelah semua berjalan baik, PALAPA III, sebagai kelanjutan PALAPA II, akan mulai digarap.


scan for download