Patra One For One: Ajang Peduli Anak Panti Asuhan

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- HMTM (Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan) Patra ITB bekerja sama dengan Community Service SPE (Society of Petroleum Engineering) ITB menyelenggarakan kegiatan bakti sosial bernama Patra One For One. Kegiatan ini melibatkan para siswa tingkat TK dan SD dari dua panti asuhan, yakni Rumah Asuh Wisma Putra Cimbeuluit dan Panti Asuhan Muhammadiyah Sumur Bandung. "Dua panti asuhan tersebut, menurut kami, layak dibantu terutama untuk mengembangkan anak-anak asuhnya." Ujar Randy Agra Pratama, ketua divisi Pengabdian Masyarakat HMTM Patra.
Kegiatan ini berlangsung di Kebun Binatang Bandung pada Minggu (11/04/2010), berupa kegiatan refreshing sekaligus sebagai sarana edukasi dasar bagi anak-anak. Randy menerangkan bahwa acara seperti ini merupakan yang pertama digelar oleh mahasisiwa HMTM Patra. Patra One For One sendiri berarti satu massa Patra membantu satu anak dari Panti Asuhan. Bantuan yang diberikan berupa biaya tiket, makan siang. Namun yang lebih penting lagi ialah bantuan yang bersifat moril seperti bimbingan dan pengajaran dari massa Patra kepada masing-masing anak. "Disini ada amazing race dimana masing-masing massa Patra dan anak Panti Asuhan berkolaborasi untuk memecahkan teka-teki tiap pos." imbuh Randy.

"Respon Panti Asuhan sangat bagus, karena sebelumnya belum pernah acara serupa yang melibatkan dua panti asuhan ini." tambah Randy seperti yang diutarakan oleh Jenah, perwakilan Panti Asuhan Muhammadiyah Sumur Bandung. Jumlah anak yang ikut berpartisipasi dari kedua panti asuhan tersebut berjumlah 36 orang.

Sekolah Mitra Hemat Energi


Salah satu program lain yang akan digelar oleh HMTM Patra ialah Sekolah Mitra Hemat Energi. HMTM Patra bekerja sama dengan menjadikan SMA Negeri 15 Sarijadi sebagai icon Sekolah Mitra Hemat Energi. "Sekolah ini tidak terlalu kota, dan tidak terlalu pedalaman, sehingga efektif untuk dirintis." jelas mahasiswa Teknik Perminyakan angkatan 2007 ini.

Program ini merupakan kegiatan penyuluhan-penyuluhan tentang hemat energi kepada para siswa. Diharapkan dapat dilahirkan siswa-siswa yang siap menjadi duta energi yang dapat memberi penyuluhan lagi ke sekolah lain.  

Randy juga menambahkan pesan bagi para mahasiswa ITB agar berkontribusi juga kepada masyarakat luar ITB. " Walaupun kita mahasiswa, masyarakat juga menunggu kontribusi kita. Kalau tidak sekarang kapan lagi."

scan for download