Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia 2008: Budidayakan Jamur Merang

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Melanjutkan tradisi prestasi dari HIMATEK dalam rangka implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2008 melaksanakan sebuah program pengabdian masyarakat pada tanggal 21-23 Januari 2010 bertempat di RW 21, Desa Pakutandang, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  Fokus dalam pengabdian masyarakat ini adalah budi daya jamur merang yang diharapkan dapat menjadi komoditas utama dari warga sehingga warga menjadi lebih mandiri dengan adanya pengabdian masyarakat ini.
Acara pengabdian masyarakat ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir Desember dengan pendirian kumbung jamur merang yang dilakukan mahasiswa Teknik Kimia 2008 bersama warga. Penyiapan kumbung jamur yang meliputi composting media tanam, steaming kumbung, penyuluhan kepada kelompok tani desa Pakutandang dari Dr. Nyoman P. Arnyantha, dosen SITH ITB, serta pembibitan jamur merang telah dilakukan pada awal Januari 2010 ini. Momen keakraban dengan warga dilakukan pada tanggal 21-23 Januari 2010 yang bertujuan untuk menumbuhkan hubungan kekeluargaan antara mahasiswa Teknik Kimia 2008 dengan warga agar terjalin kerja sama yang baik dalam keberlanjutan kumbung jamur merang kedepannya.

Momen keakraban pengabdian masyarakat ini dibuka oleh sambutan Ketua Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, Dr. IGBN Makertihartha. Acara kemudian dilanjutkan dengan pertandingan voli antara mahasiswa dengan warga, dan lomba anak-anak. Mahasiswa Teknik Kimia 2008 juga diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan warga seperti budi daya ikan, dan pembuatan kerajinan opak yang merupakan komoditas dari RW 21, Desa Pakutandang, Ciparay. Kerja bakti juga dilakukan dalam acara ini meliputi pendirian taman bacaan bagi anak-anak, pembersihan mushola, dan pembersihan lingkungan sekitar. Penutupan momen keakraban pengabdian masyarakat ini ditutup oleh perwakilan Wakil Rektorat bidang Kemahasiswaan. Perpisahan ini dibalut suasana haru antara warga dan mahasiswa Teknik Kimia 2008.

Pengabdian masyarakat Teknik Kimia 2008 tidak hanya berhenti disini saja. Kontrolling berkala serta manajemen keuangan akan selalu dilakukan oleh HIMATEK. Kemandirian warga tetap menjadi tujuan utama dalam pengabdian masyarakat ini.

scan for download