Endowment Fund ITB Menuju 2010

Oleh Beni Rio Hermanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Tidak terasa tahun 2009 telah berganti dengan tahun 2010. Satu tahun yang cukup banyak memberikan dinamika bagi perjalanan Endowment Fund - Satuan Kekayaan dan Dana [SKD] ITB, terlampaui. Pergantian tahun hendaknya dapat dijadikan ajang evaluasi diri untuk menata rencana pergerakan ke depan yang lebih baik. Di tahun yang baru ini, mari kita berkontribusi lebih banyak kepada almamater tercinta salah satunya dengan memberikan donasi melalui Endowment Fund - Satuan Kekayaan dan Dana ITB.
Dukungan alumni yang sangat besar terhadap Endowment Fund ITB sangat berperan terhadap perkembangan dan kemajuan ITB. Karenanya, segenap pengurus Endowment Fund - SKD ITB mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas donasi yang disumbangkan para alumni untuk almamater tercinta ITB.

Satu Tahun Perjalanan

Sampai dengan 31 Desember 2009, jumlah Endowment Fund yang terkumpul telah mencapai 37,36 Milyar Rupiah, dengan hasil investasi akumulasi dari 2004-2009 sebesar 10,59 Milyar Rupiah. Nilai investasi pada tahun 2009 sendiri mencapai Rp. 3,8 Milyar; suatu pertumbuhan investasi positif dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai total Endowment Fund tersebut diperoleh berkat donasi yang disumbangkan oleh lebih dari 800 orang donatur sejak berdirinya Endowment Fund - SKD ITB hingga 31 Desember 2009.

Dana Donasi Bersyarat yang diterima oleh Endowment Fund - SKD ITB selama tahun 2009 mencapai 9,9 Milyar Rupiah, dengan penyaluran mencapai 2,44 Milyar Rupiah. Sementara secara keseluruhan, sejak tahun 2004-2009, jumlah dana yang disalurkan dari Dana Donasi Bersyarat dan Investasi Endowment Fund berturut-turut mencapai 4,97 dan 2,79 Milyar Rupiah.

Sepanjang tahun 2009, Endowment Fund - SKD ITB telah melaksanakan tiga program kegiatan, yaitu program administrasi dan akuntabilitas, program Endowment Fund ITB, dan program peningkatan investasi. Pada program administrasi dan akuntabilitas, Laporan Keuangan SKD tahun 2009 telah diaudit oleh Auditor yang independen dan mendapatkan opini "Wajar Tanpa Pengecualian". Sementara, program Endowment Fund ITB SKD menitikberatkan pada kegiatan fundraising ke perusahaan dan Ikatan Alumni ITB. Sedangkan program Peningkatan Investasi SKD tetap berusaha melakukan investasi Endowment Fund (Dana Lestari) untuk meningkatkan hasil investasi yang optimal.

SKD ITB telah berusaha menyempurnakan sistem administrasi dan keuangannya selama tahun 2009. Target yang hendak dicapai adalah mempertahankan Laporan Keuangan tahun 2009 dengan opini auditor "Wajar Tanpa Pengecualian" (Unqualified Opinion). Selain itu, tahun 2009 ditandai pula dengan pergantian pucuk pimpinan Endowment Fund - SKD ITB dari Ir. Hilmi Panigoro  kepada pimpinan yang baru, Ir. Rinaldi Firmansyah. Hilmi telah memimpin selama periode 2003-2009, sementara Rinaldi akan melanjutkannya hingga 2014 nanti.

Di awal tahun 2010 ini, Endowment Fund - SKD ITB telah mempersiapkan berbagai rencana kerja untuk lebih meningkatkan perannya demi perkembangan dan kemajuan ITB. Hal tersebut akan terlaksana tentunya dengan dukungan para alumninya. Semoga tahun yang baru menjadi pemicu semangat baru dalam berkarya dan berkontribusi terhadap almamater tercinta.

Sumber: SKD ITB

scan for download