Oceanovolution: Peringatan Dies Natalis KMKL

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Oceanovolution adalah rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka Dies Natalis Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan (KMKL) yang ke-14, diadakan pada tanggal 10-12 Desember 2009 di Kampus ITB. Oceanovolution diawali dengan acara Seminar Bangunan Pantai bertemakan "Inovasi Teknik Kelautan di Bidang Pantai Indonesia", 10 Desember 2009 di Aula Timur. Hadir pada kesempatan ini adalah Ir. Muhammad Hasan (Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum), Ir. Jaya Murni (Direktur Pantai dan Rawa), Prof. Adang Surahman (Wakil Rektor Senior Bidang Akademik), Dr. Puti Farida Marzuki (Dekan Fakultas Teknik Sipil dan
Lingkungan), Ir. Chandra Dwiputra (PT WIKA), staf pengajar Prodi T. Kelautan, perwakilan dari departemen Pekerjaan Umum, dan mahasiswa ITB baik dari prodi Teknik Kelautan maupun program studi lainnya.
Acara dibuka dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Ketua Prodi Teknik Kelautan Dr. Muslim Muin. Selanjutnya sambutan sekaligus pembukaan acara Oceanovolution oleh Rektor ITB yang diwakili oleh Prof. Adang Surahman, Wakil Rektor Senior bidang Akademik. Bertindak sebagai keynote speaker adalah Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, yang diwakili oleh staf ahli menteri Ir. Muhammad Hasan yang menyampaikan makalah dengan tema Kebijakan Mengenai Pengamanan Pantai di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan angklung dari KPA ITB. Paparan kedua bertemakan Desain Bangunan Pantai dengan Construction Method yang disampaikan oleh Ir.Chandra Dwiputra dari PT. WIKA. Paparan ini  mendapatkan sambutan yang sangat baik dari peserta seminar dikarenakan isu yang dikemukakan sangat penting untuk dipahami oleh pihak-pihak terkait dalam pembangunan kontruksi bangunan laut, khususnya di daerah yang memiliki gelombang besar. Paparan terakhir dari Prof. Hang Tuah, bertemakan Pengembangan Pengamanan Kawasan Pesisir Pantai di Indonesia. Selanjutnya acara ditutup dengan games dan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara.

Jumat (11/12/09), Oceanovolution diisi dengan seminar yang merupakan kerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), yang bertemakan Kompetensi Insinyur Nasional dalam Pengembangan Industri Kelautan yang diadakan di Aula Timur. Bertindak sebagai pembicara dalam acara ini adalah Agusman Effendi (Dewan Energi Nasional ), Fazwar Budjang (Direktur PT. Krakatau Steel ), Albert Steven Budisusetija (Wakil Presiden Direktur PT.Tripatra) dan Tri Haryo Soesilo (Direktur PT Rekayasa Industri ). Pada malam hari, diadakan acara hiburan perayaan Dies di lapangan basket yang diisi dengan penampilan dari band-band himpunan ITB, cheerleader, dan Mocca band.

Hari terakhir, Sabtu (12/12/2009), sekaligus merupakan hari penutup, dilaksanakan seminar lepas pantai yang merupakan kerja sama dengan Komunitas Migas Indonesia (KMI) diadakan di Ruang Galeri Campus Centre Timur mulai pukul 08.00 pagi. Acara ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai kalangan dan mendapat perhatian yang cukup besar dari mahasiswa, dosen maupun pelaku di dunia industri lepas pantai.

scan for download