KM ITB: Pengembangan Wawasan Pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB turut mengirimkan wakilnya untuk mengikuti program Pengembangan Wawasan Pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tingkat Perguruan Tinggi ke Luar Negeri. Ridwansyah Yusuf Achmad, Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB 2009/2010, menjadi satu dari Ketua BEM se-Indonesia yang turut dalam program ini. Australia sebagai negara pembanding dapat menjadi sarana pembelajaran bagi Keluarga Mahasiswa ITB.

Dilatarbelakangi bahwa percepatan perguruan tinggi Indonesia menuju perguruan tinggi berstandar internasional tidak hanya bergantung pada pencitraan publik, tetapi juga dari dukungan mahasiswa melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan, baik nasional maupun internasional yang memberikan manfaat bagi masyarakat, Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional per tanggal 7 April 2009 meresmikan program ini agar dapat diimplementasikan ke seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia. Kunjungan berlangsung selama 5-7 hari, disesuaikan dengan kesedian perguruan tinggi yang dituju.

Dalam kunjungannya, Yusuf sempat berkunjung ke berbagai universitas, diantaranya University Terchnology of Sydney, University of New South Wales, University of Western Sydney, dan University of Sydney. Universitas terakhir, menurut Yusuf, merupakan contoh  yang dapat ITB tiru dalam menggelar gerakan sosial politik dari mahasiswanya. "Pola gerakan masih mereka benar-benar terencana dan enak dilihat," tulis Yusuf dalam report harian yang juga mahasiswa Planologi ini tulis.

Secara garis besar, acara diisi dengan diskusi tentang berbagai hal terkait kemahasiswaan, seperti struktur organisasi, isu-isu yang berkembang di masyarakat, dan program-program kemahasiswaan.


scan for download