Kerja Sama Penelitian ITB - Osaka University

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB sebagai World Class University (WCU) melalui Dr. Yogi Wibisono Budhi, Staf Pengajar di Program Studi Teknik Kimia FTI-ITB, melakukan beberapa aktivitas ilmiah di Osaka University, Jepang. Balas kunjungan antar perwakilan universitas pun kerap dilakukan demi melancarkan misi riset di ranah keilmuwan teknik kimia. Dimulai pada bulan Juni 2009, kegiatan seperti kuliah tamu, kick-off meeting, dan seminar internasional menjadi bahan pertemuan antar perwakilan. Terakhir, pada pertemuan di Jepang tanggal 14-18 September 2009, terdapat pembahasan lebih rinci tentang kerjasama penelitian yang melibatkan mahasiswa S3 dan Post-Doctoral dari kedua belah pihak.
Pada pertengahan Juni 2009 hingga awal Juli 2009, Dr. Yogi melakukan kegiatan Kuliah Tamu dan kick-off meeting di Grup Prof. Suzuki (Department of Systems Innovation, Graduate School of Engineering Science, Osaka University) tentang "Process Intensification for Process System Innovation", dengan Grup Prof. Kasai (Department of Precision Science & Technology and Applied Physics, Osaka University) pada 26 Juni 2009, dan dengan Grup Research Institute for Sustainability Science - Osaka University.

Selain kegiatan tersebut, Dr. Yogi juga mengikuti International Conference on Sustainability Transition: International Research Initiatives towards a Resource-circulating Society dan membawakan sebuah paper yang berjudul "The Challenge of Process Intensification toward Integrated System for Biomass Based Hydrogen Production". Sebagai tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan tersebut, beberapa proposal penelitian kerja sama internasional dan kerja sama pertukaran mahasiswa doktor sedang dikembangkan. Pada awal Agustus 2009, Grup Prof. Kasai berkunjung ke Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan mengadakan diskusi lebih lanjut tentang program kerjasama.

Menidaklanjuti pertemuan perdana yang diadakan di Osaka University tersebut, Grup Prof. Kasai melakukan kunjungan dan presentasi bersama Grup Dr. Yogi di Program Studi Teknik Kimia FTI-ITB pada awal Agustus 2009. Presentasi disampaikan oleh Mahasiswa S3 dan Post-Doctoral dari Osaka University, sedangkan dari ITB disampaikan oleh Dr. Yogi Wibisono Budhi.

Adapun topik besar yang dijadikan sebagai bidang kerjasama adalah "DINAMIKA REAKTOR MEMBRAN KATALITIK BERBASIS Pd/Ag UNTUK PEMISAHAN HIDROGEN: SEBUAH KAJIAN MEKANISTIK". Penelitian ini melibatkan beberapa Staf Pengajar dari Teknik Kimia, Teknik Fisika ITB, dan Osaka University.

Selanjutnya, Prof. Suzuki mengundang Dr. Yogi dan M. Effendy, Mahasiswa S3 Teknik Kimia FTI-ITB, untuk menyampaikan presentasi yang berkaitan dengan Pemodelan dan Simulasi Sistem Reaktor Dinamik untuk Oksidasi Gas Metana Encer. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diadakan di Osaka University.

Selain kegiatan presentasi, Dr. Yogi Wibisono Budhi dan Prof. Suzuki juga membahas lebih rinci tentang kerjasama penelitian yang melibatkan mahasiswa S3 dan Post-Doctoral dari kedua belah pihak. Adapun topik penelitian yang akan dikembangkan bersama adalah Pemodelan dan Simulasi Model Reaktor Dinamik dan Analisis Bifurkasi dalam Mengolah Emisi Gas Metana. Pada Bulan Desember 2009, Prof. Suzuki berencana melakukan kunjungan ke ITB.

scan for download