Sidang Doktor ITB : Ruslan Ramang

Oleh kristiono

Editor -

Bandung, itb.ac.id - Ruslan Ramang (35304022), Mahasiswa Doktor Program Studi Teknik Lingkungan ITB pada Jumat, 11 September 2009 berhasil mempertahankan disertasi berjudul "Variabel Partisipatif Yang Berpengaruh Terhadap Pengelolaan Sampah Kota Berbasis Masyarakat, Studi Kasus  : Kota Cimahi". Bertindak sebagai Ketua Sidang Prof. Dr. Suprihanto Notodarmojo, dengan Promotor Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri, sedangkan penyanggah antara lain Dr Endang Saraswati (ITS), Dr Indah Rachmatiah (ITB) dan Dr Suaib Amiruddin (UNTIRTA).
Disertasi Ruslan Membahas peran serta masyarakat dalam menangani pengelolaan sampah perkotaan. Penelitian Ruslan bertujuan untuk mengidentifikasi peranserta masyarakat dalam pengelolaan sampah, dan menganalisis apakah dimensi-dimensi variabel partisipatif mempunyai pengaruh terhadap pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat, memberikan kontribusi secara ilmiah dalam menjawab peranserta masyarakat dalam peningkatan keberhasilan sistem pengelolaan sampah kota.

Hasil penelitian Ruslan menunjukkan bahwa, besaran timbulan sampah ditentukan oleh strata ekonomi masyarakat. Strata ekonomi tinggi mempunyai perbedaan timbulan sampah yang signifikan dibandingkan dengan strata ekonomi sedang dan rendah. Skenario terbaik dari hasil simulasi model dinamik yaitu skenario ketika aspek pengumpulan/pengangkutan sampah di tingkat sumber dan perbaikan peran serta dalam persampahan mengalami perbaikan secara maksimum.


scan for download