FMIPA ITB: The 3rd Asian Physics Symposium

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelanggarakan The 3rd Asian Physics Symposium (APS) pada 22-23 Juli 2009. Terdapat 148 paper, terdiri dari 4 paper undangan dan 144 paper yang merupakan kontribusi dari para Fisikawan Asia dalam acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, Dr. Akhmaloka.

Sebagai penyelenggara simposium Asia ini, Program Studi Fisika melalui perwakilannya Dr. Khairul Basar menyampaikan bahwa cakupan dari seminar ini mencakup Bidang Biofisika, Fisika Komputasional, Fisika Nuklir, dan Fisika Teori. Para peserta seminar berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi pemerintah di tanah air dan
juga dari negara asia, seperti Malaysia.

Simposium terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pemaparan materi utama yang diikuti oleh seluruh peserta dan sesi lanjutan yang terbagi menjadi beberapa kelas paralel sesuai bidang masing-masing peserta.

Kali pertama simposium ini diadakan adalah pada tahun 2005 sebagai ajang dua tahunan. Sebelumnya, sejak tahun 2001, seminar tahunan sudah secara rutin diselenggarakan oleh FMIPA ITB. Termotivasi oleh acara-acara tersebut, tahun 2009 ini FMIPA kembali mengadakan Simposium Fisika tingkat Asia yang ke-3.


scan for download