Gebyar Olimpiade V KM ITB 2009: Semangat Untuk Kita Bersama

Oleh alitdewanto

Editor -

Opening Olimpiade. Penyalaan obor oleh Rektor ITB dan Presiden KM ITBBANDUNG, itb.ac.id- " Semangat tak boleh luntur, meskipun hujan mengguyur kita." ujar vokalis HiJACK Band kemarin yang turut mengisi Closing Oimpiade V KM (Keluarga Mahasiswa) ITB 2009, Jumat(13/02/09) kemarin. Dengan demikian, pagelaran akbar dua tahunan itu secara resmi ditutup.

Rangkaian olimpiade dibuka dalam prosesi Opening Olimpiade pada Jumat (09/01/09) lalu bertempat di lapangan CC (Campus Center) ITB. Tercatat unit-unit yang berbasis olahraga pun turut menunjukkan kepiawaian masing-masing, seperti Unit Basket Ganesha, Unit Capoeira, dan Perhimpunan Sepakbola ITB. Ajang ini diikuti oleh 22 himpunan mahasiswa se-ITB yang berlomba untuk memperebutkan Piala Rektor Juara Umum Olimpiade. Mengambil tema For The Game We Love, booming olimpiade kali ini terdengung ke seluruh lapisan mahasiswa. Bukan hanya para peserta yang menunjukkan kebolehannya, para pendukung pun tak kalah menyorakkan semangatnya. " Kami sengaja mengambil tema ini, agar kita bersama dapat mencintai olahraga dalam melakukannya. Dari sisi tersebut, akan tercipta sportivitas dan prestasi yang lebih unggul." ujar Mohammad Adityo, ketua panitia.

Komunikatif dan Integratif

Selain menjunjung semangat kebersamaan, ajang ini pun memiliki fokus terhadap sisi komunikasi dan integrasi. Adityo menjelaskan komunikasi adalah salah satu faktor dasar yang harus selalu dijaga dan diperhatikan. Diantaranya, pihak panitia mengadakan kerjasama dengan sejumlah unit-unit ITB sebagai penggawang informasi aktual, seperti Campus Channel, Radio 8eh, Radio Kampus. " Pun, kami merambah dunia facebook untuk menampilkan foto dan video selama olimpiade." tambahnya.

Warna olimpiade kali ini terasa berbeda, karena tidak hanya merangkul partisipasi dari himpunan-himpunan. Unit-unit yang berbasis olahraga turut berpartisipasi sebagai teknisi masing-masing bidang olahraga yang dipertandingkan. " Konsep tetap dari kami, namun pelaksanaannya tergantung unit masing-masing yang notabenenya lebih mengerti teknis pertandingan." terang Adityo kembali.


Logo dan Maskot Olimpiade

Sebagai pagelaran akbar, logo dan maskot dinilai sangat penting sebagai wujud dari representasi acata tersebut. Logo kali ini dirancang oleh Ditra, mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Logo ini menggambarkan filosofi orang yang sedang berlari karena lari merupakan dasar dari semua olahraga.Logo Olimpiade V KM ITB 2009

Sedangkan maskot olimpiade yakni Si Gan dan Eca digambarkan sebagai sepasang gajah laki-laki dan perempuan. Dinilai, gajah merupakan simbol identitas ITB secara umum. Dua jenis gender dinilai menggambarkan kesamaan dan kesetaraan gender untuk laki-laki dan perempuan.

Mengenai harapan untuk olimpiade ke depannya, Adityo mengungkapkan mimpinya agar ITB dapat menjadikan ajang olimpiade sebagai salah satu program unggulan, tidak melulu akademis. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa minat mahasiswa terhadap olahraga sangat tinggi terbukti banayaknya parsisipasi unit olahraga, namun kadang tidak dibarengi dengan kualitas.
"Tahun ini kami menambah dua cabang yakni billiar dan bowling. Semoga untuk ke depannya makin banyak dan variatif." ungkapnya.

" Saya juga berharap semua elemen dapat turut berpartisipasi dengan lebih maksimal. Jadi jelas sekali bahwa olimpiade ini adalah semangat untuk kita bersama."

Juara umum kali ini ditempati oleh Mahasiswa Teknik Industri (MTI). MTI sukses merebut keping 16 emas, 7 perak, 2 perunggu. Disusul oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) dengan perolehan 6 emas, 3 perak, 3 perunggu. Serta menempatkan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatek) sebagai posisi tiga. Sedangkan untuk loba supporter, posisi tiga besar dimenangkan berturut-turut oleh HME, HMS (Sipil), dan HMT (Tambang). Berikut klasemen akhir.


Rank Himpunan

1 Mahasiswa Teknik Industri

2 Himpunan Mahasiswa Elektro

3 Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia

4 Mahasiswa Teknik Material

5 Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika

6 Himpunan Mahasiswa Fisika

7 Himpunan Mahasiswa Informatika

8 Ikatan Mahasiswa Teknik Metalurgi

9 Himpunan Mahasiswa Sipil

10 Himpunan Mahasiswa Matematika

11 Keluarga Mahasiswa Seni Rupa

12 Himpunan Mahasiswa Mesin

13 Himpunan Mahasiswa Kimia Amisca

14 Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika

15 Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan

16 Himpunan Mahasiswa Planologi

17 Himpunan Mahasiswa Tambang

18 Ikatan Mahsiswa Arsitektur

19 Himpunan Mahasiswa Biologi

20 Himpunan Mahasiswa Farmasi

21 Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan

22 Ikatan Mahasiswa Geodesi

Hasil selengkapnya beserta nama-nama peraih medali masing-masing cabang dapat dilihat disini.


scan for download