Perayaan 5 Tahun Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

Oleh asni jatiningasih

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, Sabtu (3/1), menyelenggarakan perayaan lima tahun pembentukannya. Turut hadir Prof.Dr.Djoko Santoso, Rektor ITB; Prof.Ir.Surna Tjahja Djajadiningrat, M.Sc. PhD, Dekan SBM ITB; Dr.Ir. Widyo Nugroho, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni; Ir.M.Hatta Rajasa, Ketua Ikatan Alumni ITB; Kusmayanto Kadiman, PhD, mantan Rektor ITB, Menristek RI; Dr. Ir.Kuntoro Mangkusubroto, Ketua Dewan SBM ITB; dan Alumni SBM ITB di seluruh Indonesia menyaksikan perayaan yang diadakan di Aula Barat ITB ini. Acara perayaan diisi oleh talkshow, pidato Dekan tentang refleksi 5 Tahun SBM ITB, pemutaran video SBM, A Journey of Excellence, dan deklarasi pembentukan Ikatan Alumni SBM ITB.
Acara dimulai pada pukul 18.30 WIB, diawali dengan makan malam bersama. Pada sesi tersebut ditampilkan pula stand-stand project bisnis mahasiswa SBM. Kemudian, menjelang malam, acara dilanjutkan dengan Talkshow "Refleksi 5 Tahun SBM". Dalam talkshow, Dekan SBM menyatakan, "Lima tahun barulah permulaan, perjalanan masih panjang," ujar beliau.

Refleksi 5 Tahun SBM
SBM-ITB, berawal dari program MBA (1990), kini bernama Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB (SBM-ITB) yang menyatukan program Master of Business Administration (MBA), program sarjana, dan program Magister Science Management (MSM) pada akhir tahun 2003. Pada awal pembentukannya, Majalah Swa menganugrahkan predikat "The Best Idea 2005" untuk kategori inovasi non-teknologi kepada SBM untuk program "Integrative Business Experience" yang merupakan salah satu mata kuliah SBM program sarjana. Para pengajar SBM ITB juga telah mendapatkan prestasi atas hasil riset mereka, diantaranya oleh Bank Indonesia dan Badan Pengawas Keuangan (BPK). Mahasiswa SBM program sarjana, tahun 2006, memulai usaha mereka dalam program pemerintah Mobil Pintar dan Rumah Pintar di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Prestasi internasional juga telah diraih mahasiswa SBM ITB diantaranya kompetisi bisnis L'oreal E-Strat dan kompetisi pengembangan bisnis ASEAN. SBM-ITB mempunyai visi memberikan inspirasi dan mengembangkan pengusaha dan pemimpin yang inovatif dan bertanggung jawab yang mampu untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat.Dengan berpondasi kepada nilai-nilai integritas, berjuang untuk keunggulan, saling percaya,inovatif, dan harmoni, SBM ITB menunjukan komitmennya untuk meraih predikat sebagai Sekolah Bisnis dan Manajemen unggulan di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2015.

Momen Pemersatu Alumni SBM-ITB
Acara yang tidak kalah penting pada perayaan kali ini adalah deklarasi pembentukan Ikatan Alumni SBM-ITB yang memersatukan Ikatan Alumni program sarjana dan Ikatan Alumni program MBA. Melalui Ikatan Alumni ini, para alumni menyatukan visi mereka untuk menciptakan sinergi pengembangan inovasi,teknologi, dan bisnis yang akan memberikan kontribusi, baik secara langsung atau tidak, kepada sesama alumni, ITB, dan Negara Indonesia. Hatta Rajasa selaku Ketua Ikatan Alumni ITB menerima Ikatan Alumni SBM-ITB sebagai bagian dari Ikatan Alumni ITB. Diadakan juga peluncuran website alumni SBM-ITB, http://alumni.sbm.itb.ac.id/

scan for download