Ecoschool V, Let's Prepare Our Green World!

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ecoschool merupakan acara tahunan yang digelar oleh Departemen Pendidikan Lingkungan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (Pendil HMTL). Ecoschool pertama kali dilaksanakan pada tahun 2004,  bertujuan membagi ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pengetahuan lingkungan pada umumnya. Setiap tahunnya ecoschool mempunyai konsep berbeda, untuk ecoschool tahun ini konsep umumnya semacam TFT(Training For Trainers) yang diadakan di SMP Negeri 15 Setiabudi Bandung. Training ini diadakan selama tiga minggu mulai tanggal 1 hingga 15 November 2008 dan diadakan selama dua kali setiap minggunya yaitu setiap hari Sabtu dan Minggu. Pada hari Sabtu(22/11), tepat pada minggu ke-empat, diadakan acara puncak di lapangan Campus Center.
Sekitar 100 siswa SD dan 50 siswa SMP berseragam lengkap meramaikan lapangan CC pagi itu. Pada acara ini, siswa-siswa SMP 15 akan bertindak sebagai mentor cilik yang harus menyampaikan materi yang sebelumnya mereka dapat kepada siswa-siswa SD tersebut. Siswa SD dibagi menjadi 7 kelompok yang masing-masing kelompoknya didampingi 2 orang mentor cilik. Materi yang dibekali kepada para mentor cukup luas, tidak hanya mengenai global warming dan sampah tetapi juga tentang sanitasi dan kesehatan makanan. Selain itu, para mentor juga mengajarkan cara-cara memilah sampah dan menjelaskan ciri-ciri makanan yang tidak layak makan pada prakteknya.

Sebelum acara mentoring berakhir, dua siswi SD, Syana dan Fatimah  berdiri di atas panggung untuk menyampaikan apa yang telah mereka dapatkan dari para kakak mentor. Syana dan Fatimah berpesan kepada seluruh teman-teman peserta untuk mulai mencintai lingkungan, dengan mulai dari hal yang kecil, yaitu mulai membawa botol minuman ke sekolah agar mengurangi penggunaan botol plastik di kehidupan sehari-hari.

Ecoschool V "Let's Prepare Our Green World!" merupakan hasil kerjasama Pendil HMTL dengan Departemen Pekerjaan Umum seiring dengan diadakannya lomba karya tulis dan poster memperingati hari Sanitasi.  "Harapan saya semoga siswa-siswi yang kita bina nantinya bisa menjalankan kebiasaan baik tentang lingkungan ke masyarakat di lingkungan sekitarnya. Kalau itu bisa terlaksana Insya Allah masyarakat indonesia bisa lebih ramah lingkungan," tutur Ananto, selaku ketua panitia atau disebut "Kepala Sekolah" Ecoschool V.

scan for download